Yuk Mengenal Lebih Dekat dengan Kabupaten Bone

Salah satu daerah yang berada di pesisir Timur Sulawesi Selatan, adalah Kabupaten Bone. Wilayah ini memiliki posisi yang strategis dalam perdagangan barang maupun jasa, di Kawasan Timur Indonesia. Bone memiliki tiga jenis wilayah yang cukup mempesona yaitu wilayah pegunungan, dataran rendah, hingga pantai. Lantas apa saja keunikan yang dimiliki wilayah Bone? Yuk simak ulasannya berikut.

Iklim di Wilayah Bone

Jenis tanah yang adal di Kabupaten ini terdiri dari tanah Aluvial, Gleillumus, Litosol, Regosol, Grumosol, dan Renzina. Jenis tanah di Bone ini,  didominasi mediteranian seluas 67 6% dari total wilayahnya. Kabupaten wilayah ini tergolong daerah yang memiliki kelembaban udara mulai 95 hingga 99%, dengan temperatur 260 hingga 43 derajat celcius. Meskipun  beriklim lembab, wilayah Bone akan mengalami musim kemarau pada bulan Oktober hingga maret dimana akan bertiup angin barat.

Bone Memiliki Potensi Perikanan Cukup Besar

Potensi perikanan di Bone sangat besar, terutama pada kecamatan yang berada di pesisir Teluk Bone. Bahkan produksi ikan di sepanjang pesisir pantau teluk Bonde dapat mencapai 68 ribu ton, sedangkan pada perairan umum sebesar 860 ton. Potensi perikanan tersebut berupa udang, kepiting bakau, bandeng, rumput laut, dan produksi perikanan laut.

Pada peluang investasinya, kabupaten Bone menawarkan pengembangan udang Sitto, udang galah, dan kepiting Bakau. Selanjutnya Kabupaten ini juga memiliki budidaya rumput laut di sepanjang pantai dan pesisir teluk Bone. Pengolahan dan pengawetan ikan pun disediakan di kabupaten Bonde untuk semakin meningkatkan peluang investasi Bone.

Potensi Industri di Wilayah Bone

Bone memiliki berbagai jenis industri kecil, yang potensial untuk dikembangkan. Beberapa industri tersebut seperti pengolahan bangan pangan, Kimia Agro Non Pangan dan Hasil hutan, logam Mesin dan El;ektronika, dan kerajinan lainnya. Dari banyaknya sektor industri yang ada di kawasan Bone, membuat wilayah ini memiliki total 6 peluang investasi. Beberapa peluang investasi tersebut seperti industri ikan kaleng, hingga prasarana pasar.

Bone termasuk salah satu daerah otonom di Sulawesi Selatan, yang terletak di kota Watampone. Sebagai salah satu daerah yang memiliki posisi strategis dalam perdagangan, membuat Bone memiliki banyak peluang investasi yang banyak di wilayah ini. Ada banyak potensi yang diunggulkan oleh Kabupaten ini, seperti dari sektor industri maupun perikanan.

Leave a Reply