Tips Memilih Peralatan Terbaik untuk Kafe Kamu

Saat ini banyak orang yang sudah sukses membangun bisnis cafe dan restoran. Hal ini tidak lepas karena kebiasaan kawula muda yang suka nongkrong. Mereka biasanya suka nongkrong di tempat tempat yang keren. Salah satunya kafe. Dengan perkembangan budaya modern ini membuka peluang anda untuk menjalani bisnis kafe.

Dalam membangun bisnis kafe tidaklah sembarangan, karena persaingan dari bisnis kafe sangat keras dan agresif. Anda harus pintar pintar dalam menentukan strategi terbaik dalam penyusunan bisnis ini. Sikap wisarusahawan sejati seperti tekun, disiplin, gigih, dan pantang menyerah sangat diperlukan disini.

Agar konsumen tidak bosan maka anda harus memikirkan konsep yang terbaik untuk café milik anda baik dari segi desain eksterior dan interior, dari pemilihan meja dan kursi cafe, meja bar, hiasan dinding atau yang lainnya. Maka dari itu semakin baik konsep yang anda buat maka semakin berhasil lah cafe anda.

Untuk memulai bisnis ini maka mulailah secara bertahap, jangan terlalu konsen memikirkan modal dalam memulai bisnis ini. Modal yang paling utama adalah keberanian dan tidak takut gagal. Berbicara soal modal, sebenarnya pengeluaran terbesar dari bisnis kafe ada pada perabotan dan peralatan penunjangnya. Dalam memilih Peralatan ini anda harus menentukan yang terbaik. Lalu apa saja kah peralatan yang harus anda perlukan?

1. Mesin Penggiling Kopi (Coffee Grinder)

Pixabay.com

Cafe memang identik dengan kopi. Dalam membuat minuman kopi kita membutuhkan alat yang dinamakan coffee grinder. Mesin ini merupakan mesin utama dalam membuat hidangan kopi dan wajib anda miliki.

Rasa dan aroma dari kopi yang anda sajikan nantinya sangat bergantung pada kesempurnaan penggilingan biji kopi. Anda bisa menentukan tekstur dari biji kopi sehingga sesuai dengan yang ingin anda inginkan. Mesin ini sangat berguna bagi bisnis kafe anda maka dari itu kami menaruhhnya di poin pertama.

2. Drip Coffee Maker

Sebagai pebisnis yang merintis usaha Cafe maka tentu saja anda harus memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk membuat secangkir kopi terbaik. Setelah ada coffee grinder, Anda juga memerlukan alat penunjang yang dinamakan drip coffee maker. Alat ini sangat membantu penyajian secangkir kopi berkualitas. Apabila anda memilih alat ini maka anda jauh lebih beruntung karena harga yang dimiliki oleh alat ini bisa dibilang murah. Selain itu pemeliharaan dari alat ini juga jauh lebih mudah.

Keuntungan lain dari mesin ini adalah pada beberapa versi yang lebih modern, alat ini sudah memiliki program otomatis, sehingga operator tidak diperlukan dalam proses pembuatan kopi. Bahkan mesin ini memiliki kapasitas penyeduhan kopi yang sangat besar mencapai 12 cangkir dalam satu kali Open.

Dengan teknologi ini tentu saja sangat memberikan kemudahan anda dari segi waktu. Anda pun akan jauh lebih hemat waktu sehingga lebih fokus dalam pelayanan pelanggan yang telah menunggu dalam waktu yang lama.

3. Moka Pot

Pixabay.com

Alat lain yang harus anda miliki dalam menyajikan kafe terbaik adalah moka Pot. Alat ini sering juga disebut sebagai kompor espresso yang merupakan alat untuk menyeduh kopi. Namun bedanya dengan alat yang lain adalah, dengan Moka Pot kita bisa menikmati cita rasa kopi yang unik dan beekarakter.

Alat ini tersusun atas tiga bagian yaitu pada bagian paling bawah terdapat sebuah wadah untuk penyimpanan air. Pada bagian tengahnya dari alat ini digunakan sebagai penyaring sekaligus penyimpanan kopi bubuk. Sementara itu pada bagian paling atas ini digunakan sebagai penampungan kopi yang sudah di proses. Alat ini memang sangat penting dan sangat dibutuhkan baik untuk café yang sudah besar bahkan kafe kecil.

4. Mesin Espresso Komersial / Professional

Salah satu mesin yang menjadi favorit para barista di café adalah mesin ini. Mesin idaman ini memang memiliki tampilan yang maskulin. Membuat kita jadi semakin gagah ketika mengoperasikannya. Dengan performa mesin yang tangguh, maka mesin ini sering disukai oleh para barista café.

Mesin Espresso ini biasanya dioperasikan oleh barista barista yang sudah profesional dan paham bagaimana cara kerjanya. Mesin ini memang memiliki harga yang cukup tinggi, sangat disarankan untuk dibeli oleh anda yang sudah memiliki kafe yang berskala besar. Dijamin dengan membeli kopi ini maka anda bisa menghasilkan satu cangkir kopi yang penuh kenikmatan.

5. Peralatan Untuk Memasak

Sebenarnya cafe ini dibuat tidak hanya untuk menyajikan kopi saja. Namun biasanya cafe ini juga menyajikan makanan. Dalam menyajikan makanan yang Lezat ini kita memerlukan peralatan dalam pengolahan makanan. Peralatan ini sangat penting mengingat kita juga harus membuat kudapan sampingan selain kopi.

Dalam memilih Peralatan masak ada baiknya jika anda memilih yang berkapasitas besar. Misalnya saja saat anda hendak memilih kompor maka pilihlaj kompor yang memiliki tungku yang banyak. Dengan tungku yang banyak ini akan meminimalkan waktu kerja si koki sehingga akan memudahkan dalam melayani banyak pesanan dari para pengunjung.

6. Wadah Untuk Memasak

Peralatan lain anda butuhkan dalam memulai bisnis café adalah wadah untuk memasak. Ternyata kita membutuhkan wadah wadah ini sebagai barang penunjang. Ada banyak jenis wadah yang kita perlukan mulai dari panci stockpot, panci braiser, panci wok, panci tumis, panci goreng dan lainnya. Panci panci ini adalah peralatan yang anda butuhkan apalagi jika anda memutuskan untuk menyajikan hidangan dengan menu asian dan juga Western.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *