5 Tempat Wisata Unik dan Menarik Ini Hanya Ada di Indonesia Saja Lho!

Anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga atau honeymoon dengan suasana tidak biasa? Di Indonesia banyak lho tempat wisata unik tanpa harus pergi jauh ke luar negeri. Bahkan, sejumlah tempat wisata hanya ada di Indonesia dan tidak ditemukan di belahan dunia manapun. Apa saja dan di mana tempat wisata tersebut berada? Ini dia informasi selengkapnya.

Pulau Komodo, NTT

Komodo adalah binatang pemakan daging bertubuh besar yang juga disebut dengan biawak komodo. Uniknya, komodo hanya hidup di Indonesia yang tersebar di beberapa pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tak heran rasanya jika Pulau Komodo termasuk ke dalam seven wonder. Selain itu, komodo telah masuk menjadi salah satu hewan yang dilindungi karena terancam mengalami kepunahan.

Untuk yang ingin berwisata dengan suasana tidak biasa, Pulau Komodo bisa jadi alternatif terbaik untuk Anda. Tidak hanya pemandangan kadal besar di mana-mana, para wisatawan dapat menikmati panorama pantai berpasir merah muda.

Pulau yang berisi kadal besar dengan ukuran mencapai 2 hingga 3 meter ini hanya ada di Indonesia. Jadi, pulau ini dikunjungi tidak hanya wisatawan lokal namun banyak wisatawan asing yang berkunjung ke pulau ini.

stocksnap.io

Pemakaman Trunyan, Bali

Mendengar nama Bali, kata pertama yang teringat adalah pantai tentunya. Namun, untuk yang ingin merasakan wisata tidak biasa di Bali selain pantai, gunung, atau persawahan, Anda dapat mengunjungi Pemakaman Trunyan di Desa Trunyan, Bali. Salah satu wisata tak lazim di Desa Trunyan ini merupakan pemakaman tradisional dengan suasana yang cukup membuat bulu kuduk berdiri.

Masyarakat setempat memakamkan orang yang telah meninggal tidak dikuburkan dalam tanah atau dibakar, namun diletakkan begitu saja di tanah. Selanjutnya, mayat akan ditutupi kain putih dan ditutup lagi dengan kayu di sekelilingnya.

Ada info unik dari pemakaman Desa Tronyan ini. Kabarnya mayat tersebut tidak berbau sama sekali meski dibiarkan begitu saja. Hal ini ternyata disebabkan oleh keberadaan pohon Taru Menyan yang membuat tempat pemakaman tetap wangi dan segar tanpa ada bau mayat menyengat sekalipun.

stocksnap.io

Kawah Ijen, Banyuwangi

Ada banyak tempat wisata berkawah di dunia ini, namun Kawah Ijen Banyuwangi ini menjadi salah satu tempat wisata unik. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan cahaya yang terpancar dari kawah disini berwarna biru atau yang populer disebut blue fire.

Untuk wisatawan yang ingin menikmati pemandangan langka blue fire Kawah Ijen harus saat dini hari. Selain itu, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan para penambang batu belerang yang lalu lalang tanpa kenal lelah.

Danau Tiga Warna, Gunung Kelimutu

Tempat wisata yang unik berikutnya adalah mengunjungi Danau Tiga Warna di Gunung Kelimutu, Pulau Flores, NTT. Puncak Gunung Kelimutu ini menyediakan panorama alam luar biasa menakjubkan yaitu danau dengan tiga warna berbeda.

Info unik tentang warna danau gunung ini adalah warnanya berubah-ubah sesuai dengan berjalannya waktu. Menurut penelitian, kenapa warnanya dapat berubah-ubah adalah dikarenakan proses geokimia dari dalam dasar danau sehingga menyebabkan adanya kandungan zat kimia tertentu.

stocksnap.io

Negeri Diatas Awan Buntu Liarra, Kabupaten Mamasa

Destinasi terakhir ini berada di Provinsi Sulawesi Barat yaitu perbukitan bernama Negeri Diatas Awan Buntu Liarra. Dari namanya sudah diduga jika tempat wisata ini berada di ketinggian.

Saat berada di puncak perbukitan Buntu Liarra, Anda akan melihat hamparan awan putih yang mengelilingi Anda. Para wisatawan akan disuguhi pemandangan dari atas bukit yang luar biasa. Anda juga dapat berfoto dengan hamparan awan sesuka hati karena saat berada di puncak Anda benar-benar dikelilingi hamparan awan putih.

Selain itu, mata juga akan dimanjakan dengan pemandangan eksotis pepohonan hijau yang asri baik di pagi maupun sore hari. Negeri Diatas Awan Buntu Liarra kini menjadi objek wisata primadona warga setempat karena banyak wisatawan yang ingin mengabadikan momen foto unik dikelilingi awan putih.

Apakah Anda sudah menentukan tempat wisata unik mana yang ingin dikunjungi? Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *