Cara Membuat Teks Pidato Bahasa Inggris

Melakukan pidato bahasa Inggris tidak semua orang bisa melakukannya, karena mengingat bahwa tidak semua orang akan mahir dalam bahasa Inggris. Meskipun Anda piawai dalam berbahasa Inggris namun belum bisa dipastikan Anda siap berpidato di hadapan semua orang.

Pidato merupakan kegiatan berbicara yang dilakukan di depan umum untuk menyatakan sebuah pendapat serta memberikan gambaran mengenai suatu hal.

Pada biasanya untuk pidato berbahasa Inggris ini akan dilakukan oleh seseorang yang mampu memberikan pernyataan atau orasi-orasi perihal peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan.

Di dalam sebuah pidato tentunya harus membahas suatu hal yang baik dan benar. Sehingga Anda harus menentukan tema supaya mampu menghasilkan pidato yang baik dan terarah.

Langkah Membuat Teks Pidato Bahasa Inggris

Sumber Gambar: Pixabay.com

Membuat sebuah pidato bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia pada dasarnya tidak memiliki banyak perbedaan. Karena untuk pembuatan pidato sama-sama menggunakan teknik dan alur yang hampir sama.

Akan tetapi letak perbedaannya hanya pada bahasa yang digunakan. Jika Anda ingin membuat pidato dengan bahasa Inggris, maka bisa mengikuti langkah sederhana yang ada di bawah ini:

1. Harus tahu siapa pendengarnya

Langkah pertama yang harus dilakukan pada saat ingin membuat sebuah pidato yaitu Anda harus mengetahui siapa yang akan menjadi audience atau pendengarnya. Hal ini menyangkut perihal tema beserta pesan yang nantinya akan disampaikan.

Anda harus memahami tingkat dari pemahaman para audiens atau pendengar, termasuk pada ketertarikan wawasan bahkan sampai dengan latar belakang.

Misalnya saja audien atau pendengar adalah siswa atau mahasiswa, maka gunakan bahasa Inggris yang lebih mudah dimengerti. Sehingga hindari penggunaan kosakata yang lebih sulit dipahami. Jika hal ini terjadi justru akan membuat pendengar tidak memahami apa yang Anda bicarakan.

2. Tentukan tema secara spesifik

Pemilihan tema atau topik yang spesifik sangatlah tepat dilakukan supaya Anda tidak menghabiskan waktu yang sia-sia selama berbicara di depan umum.

Misalnya saja membuat tema seputar polusi alam, maka harus membuat pidato yang berhubungan dengan polusi alam. Cara ini berguna untuk memfokuskan pendengar agar tertarik untuk mendengarkan pidato yang Anda bacakan.

3. Memberikan uraian pada setiap poin

Pemberian uraian di setiap poin memang sangat penting di dalam sebuah pidato. Namun perlu dicatat bahwa untuk pemberian uraian tersebut harus singkat, padat dan jelas. Karena jika terlalu panjang lebar justru akan membuat pendengar malas untuk mendengarkan poin-poin tersebut.

Buatlah ringkasan yang rapi dan mudah dipahami. Dengan cara ini maka pesan yang Anda sampaikan akan lebih mudah diterima oleh pendengar.

Tips Berpidato Menggunakan Bahasa Inggris

Sumber Gambar: Pixabay.com

Jika Anda sudah mengetahui bagaimana cara membuat teks pidato seperti yang ada di atas, maka selanjutnya Anda harus mengetahui tips bagaimana berpidato menggunakan bahasa Inggris.

Meskipun belum pernah berpidato menggunakan bahasa Inggris sebelumnya, namun tidak ada masalahnya, karena Anda bisa mengikuti beberapa tips yang ada di bawah:

1. Latihlah tubuh

Tentu tidak akan lengkap rasanya apabila saat berpidato Anda hanya berdiri tegap tanpa melakukan gerakan tubuh. Hal ini justru akan membuat para audiens atau pendengar merasa sangat monoton menyaksikan Anda di depan panggung.

Untuk mengatasi hal ini harus mulai terbiasa untuk melatih tubuh supaya saat mengalami grogi juga tidak akan terlihat.

2. Atur pernafasan dengan baik

Mengatur pernafasan selama berpidato sangat penting dilakukan. Hal ini akan berpengaruh terhadap intonasi yang akan keluar dari mulut Anda.

Apabila pernafasan diatur dengan baik tentu bahasa yang dikeluarkan juga akan lebih mudah dipahami para pendengar, begitu juga dengan sebaliknya.

Jangan sampai pihak audiensi tidak memahami kosakata yang Anda ucapkan hanya karena Anda tidak piawai dalam mengatur pernafasan. Pastikan tidak ngos-ngosan ketika membacakan pidato.

3. Anda harus hafal pidato

pada saat Anda tidak menggunakan catatan atau teks selama berpidato, maka kewajiban Anda adalah menghafal. Walaupun tidak menghafal, setidaknya Anda memahami isi dari pidato yang nantinya akan disampaikan.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam mengingat teks dari pidato yang sudah dibuat, tidak ada salahnya jika membuat catatan kecil yang berisi mengenai poin-poin apa saja yang nantinya hendak disampaikan.

4. Kuasai panggung

Menguasai panggung harus Anda ciptakan supaya menjadi  pusat perhatian para audiens. Untuk bisa menguasai panggung tentunya harus menguasai isi dari materi yang nantinya hendak disampaikan.

Jika tidak menguasai materi yang akan disampaikan tentu hal ini justru akan membuat Anda grogi. Sehingga tidak memiliki kepercayaan diri dalam menyampaikan isi pidato.

5. Hindari pembukaan bertele-tele

Pembukaan di dalam pidato memang perlu dilakukan. Akan tetapi Anda tidak disarankan apabila membuka pembukaan pidato secara bertele-tele.

Selain menghabiskan waktu, hal ini justru akan membuat para pendengarnya merasa jenuh untuk mendengarkan pembukaan yang Anda lakukan. Melakukan pembukaan seperlunya saja dan langsung masuk ke inti dari isi pidato.

Berbicara di depan umum memang tidak bisa dilakukan oleh semua orang, karena mengingat cara Ini membutuhkan trik khusus supaya tidak grogi selama berada dihadapan semua orang.

Terlebih lagi bagi diri seseorang yang belum pernah melakukan pidato sebelumnya. Dengan mengikuti beberapa trik yang ada di atas diharapkan Anda bisa lebih mempersiapkan diri ketika ingin melakukan pidato menggunakan bahasa Inggris. Tetapi jika ingin serius mendalami belajar berpidato bahasa Inggris, ada suatu tempat namanya Kampung Inggris. Tempat merupakan lembaga khusus belajar bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *