Tak Bisa Sembarangan, Yuk Kenali Teknik Dasar Futsal Untuk Pemula

 

Futsal adalah salah satu olahraga yang membutuhkan banyak sekali skill dan taktik agar bisa mengalahkan lawan. Bagi anda yang ingin belajar untuk memahami skill dalam bermain futsal, maka alangkah baiknya untuk memahami teknik dasarnya. Tidak jauh berbeda dengan sepak bola, futsal juga memiliki skill dasar yang wajib dimiliki oleh setiap pemainnya. Karena dengan mengetahui teknik dasar futsal maka akan bisa mengembangkan taktik lainnya. Berikut ulasan selengkapnya.

Kemampuan Dasar Futsal yang Harus Dimiliki Oleh Pemula

1 Menendang dan Mengumpan Bola

Teknik paling dasar yang harus dimiliki oleh setiap pemain futsal adalah menendang atau mengumpan bola. Hal ini karena futsal adalah salah satu olahraga yang mengutamakan kerja sama tim, maka anda harus mengetahui teknik dasar tersebut. Apabila anda tidak menguasai teknik dasar ini, maka akan menimbulkan petaka pada saat pertandingan berlangsung. Karena tidak mempunyai kemampuan mengumpan bola, maka akan sangat mudah direbut oleh musuh.

Menendang atau mengumpan bola dapat dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam, dengan tumit ataupun pada bagian kaki luar. Tentunya masing masing bagian ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Untuk anda yang masih pemula sangat disarankan untuk bikin jersey futsal dan berlatih menendang menggunakan kaki bagian dalam dulu. Jika sudah mahir dan memiliki akurasi yang cukup, maka anda bisa memberikan umpan menggunakan kaki bagian luar.

  1. Kemampuan Untuk Mengontrol Bola

Teknik dasar futsal selanjutnya yang wajib dikuasai adalah kemampuan untuk mengontrol bola. Teknik dasar ini akan berguna untuk menerima umpan dari teman satu tim ataupun memotong bola saat musuh sedang mengoper. Untuk bisa mengontrol bola maka anda bisa menggunakan kaku bagian dalam atau dengan memanfaatkan sol pada sepatu. Sol pada sepatu biasanya menggunakan bahan karet atau sejenisnya yang bisa menahan gesekan bola.

Anda bisa berlatih untuk mengontrol bola dengan sering berdiri di depan tembok dan tendanglah bola ke arah tersebut. Gunakan kedua kaki secara bergantian untuk menendang dan menerima tenaga dari pantulan bola tersebut. Begitu anda menerima pantulan bola dan siap untuk mengontrol bola, maka pelajari bagaimana tubuh anda bergerak saat menerima bola. Hal ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan dan mengetahui sejauh mana bola yang bisa anda kontrol.

  1. Melatih Kemampuan Dribble Bola

Dalam istilah futsal dribble bola adalah salah satu cara untuk mengecoh musuh dan membawa bola menuju jantung pertahanan musuh. Seorang pemain futsal harus memiliki teknik dasar futsal satu ini, karena lapangan hanya memiliki ukuran 40 kali 20 meter saja. Dengan menggunakan teknik ini, maka anda bisa melewati lawan dan bisa mengandalkan umpan serta kontrol bola. Sebenarnya ada beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk berlatih mendribble bola melewati musuh.

Pertama adalah dengan menggunakan teknik dribble kaki bagian luar. Teknik ini sebenarnya cukup berbahaya apabila belum menguasai benar, karena akan menimbulkan keseleo. Selanjutnya adalah teknik dribble menggunakan kaki bagian dalam dan bisa digunakan pada kaki bagian kanan. Yang terakhir adalah teknik mendribble bola dengan punggung yang bisa dilakukan ketika lawan berada sedikit jauh dari penggiring bola.

  1. Memahami Teknik Shooting

Teknik yang tak kalah penting untuk dimiliki semua pemain futsal adalah shooting atau menendang ke arah gawang. Jika anda menguasai teknik ini maka anda bisa memiliki peluang untuk mengancam lini belakang pertahanan lawan. Sehingga akan menentukan hasil akhir dari sebuah pertandingan tersebut. Teknik dasar futsal tembakan shooting ini dapat dilakukan dengan menendang bola sekeras mungkin pada area gawang musuh. Incarlah sudut yang dapat menyusahkan penjaga gawang.

  1. Berlatih Untuk Menguasai Sundulan atau Heading

Tak bisa diragukan lagi jika sundulan merupakan faktor penting dalam memenangkan duel di dalam liga permainan futsal. Jika anda menguasai teknik sundulan, maka anda memiliki peluang untuk bisa memenangkan duel di udara. Terlebih lagi jika anda menyasar pada pertahanan musuh. Apabila anda menguasai teknik satu ini, maka tak diragukan lagi bahwa anda bisa membuat musuh semakin panik dengan teknik yang anda kuasai tersebut.

Ada beberapa tips penting jika anda ingin menguasai teknik duel di udara ini. Pertama lompatlah setinggi mungkin untuk bisa menjemput bola. Usahakan untuk melakukan lompatan sedekat mungkin dengan bola, sehingga posisi bola tidak memiliki jarak yang jauh dengan anda. Usahakan juga untuk melakukan ancang ancang sebelum bola disundul agar pantulan bola bisa terasa lebih keras. Lakukan sundulan dengan menggunakan dahi karena merupakan anggota kepala yang paling keras.

  1. Menguasai Teknik Umpan Bola Lambung

Untuk bisa membongkar pertahanan lawan, maka anda bisa mempraktikan teknik dasar futsal chipping atau umpan bola lambung untuk lawan anda. Melakukan umpan lambung dapat dengan mudah untuk melewati pertahanan lawan dengan sekali jalan. Jika anda ingin menggunakan teknik ini, maka usahakan untuk melakukan koordinasi dengan teman satu tim anda. Berlarilah untuk menjemput bola di depan gawang atau tepi garis jika ingin melakukan cross chipping.

Cara melakukannya pun terbilang gampang gampang susah. Pertama posisikan jika bola benar benar ada di depan anda. Kemudian posisikan kaki menjadi tumpuan disisi bola, sehingga anda bisa langsung mengayunkan kaki anda kebelakang untuk menendang bola. Tendanglah bola menggunakan tumit lalu ayunkan ke atas dan arahkan pada teman anda. Teknik satu ini akan membuat lawan anda kaget dan juga belum siap akan serangan yang anda berikan.

  1. Melatih Kecepatan dalam Bermain

Melatih kecepatan tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan bagi pemula. Namun jika anda sudah memiliki kemampuan untuk berlari cepat, maka akan mudah untuk menghancurkan pertahanan lawan. Kecepatan saat berlari menjemput bola maupun saat berlari menggiring bola nyatanya akan sangat berbeda dan sangat sulit untuk dilakukan sambil menggiring bola. Dengan kombinasi teknik dasar futsal dan kecepatan beralri, maka anda merupakan pemain yang ditakuti lawan.

Berlatih teknik futsal memang tidak jauh berbeda dengan sepakbola pada umumnya, namun buka berarti anda bisa meremehkannya. Lapangan futsal yang terbilang kecil dan minimalis adalah tantangan bagi para pemain untuk bisa melihat peluang dan taktik dengan tepat. Anda bisa mulai berlatih hal hal dasar mengenai permainan futsal tersebut. Dengan berlatih secara rajin, maka anda akan menjadi pemain yang ditakuti oleh lawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *