Scabies Kucing? Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya?

Tahukah kamu, apa itu scabies kucing? Scabies ini merupakan sebuah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau. Apakah scabies ini dapat menular pada manusia? Scabies pada binatang terlebih pada kucing, diakibatkan oleh tungau jenis scabiei atay sarcoptes. Tungau ini tidak dapat hidup ditubuh manusia. Sehingga dalam beberapa saat saja sudah mati. Tungau-tungau ini umumnya menggali kulit dan menaruh telur-telur mereka di dalam lubang kulit kucing. Nah, pada kulit manusia tungau tersebut akan mati sebelum meletakkan telur. Karena nutrisi yang dibutuhkan tungau tidak bisa didapat dari tubuh manusia. Ukuran tungau ini sangatlah kecil sekitar 0.2 mm hingga 0.4 mm. Hal apa yang menjadi penyebab scabies kucing?

Salah satu penyebab tungau hinggap pada kucing adalah karena tertular dari hewan lain. Apabila terjadi kontak antara kucing yang sehat dengan kucing yang terkena scabies, akan sangat rentan sekali terjadi penularan. Kemungkinan sebab lainnya karena adanya tungau scabies di area di mana kucing kamu berada. Kamu dapat melihat dari kandang atau sisir yang dikenakan oleh kucing kamu terkena scabies. Apabila pada bagian ujung telinga kucing tertinggal kerak dan kulit mati yang terangkat ketika dikerok perlahan kemudian menimbulkan lecet, itu berarti kucing kamu terkena scabies. Nah, bagaimana cara mengobati scabies kucing?

Langkah pertama adalah dengan memisahkan kucing kamu yang terkena scabies dengan kucing lain yang sehat. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi penularan. mengingat bahwa tungau scabiei mudah sekali menular. Langkah selanjutnya adalah dengan mencuci seluruh alat grooming dari kucing yang terkena scabies. Bersihkan juga alat-alat, kandang, sisir, hingga sikat yang biasa digunakan oleh kucing yang terkena scabies. Hindari pula tempat grooming yang buruk atau diragukan kebersihannya. Karena lingkungan yang sehat dan higienis kemungkinan tidak akan ditinggali tungau. Kamu juga dapat mengobati kucing yang terkena scabies dengan shampoo anti kutu yang berbahan sulfur atau sebasol. Salep yang berbahan gamexena, triamcolone, deram tecg, petrolatum, dan permethrin juga cukup efektif mengobati scabies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *