Proses Daur Hidup Capung

 

Seekor capung memiliki masa hidup yang lebih dari satu tahun. Tetapi dari kehidupan itu, sebenarnya waktu untuk menikmati masa sebagai capung dewasa sangatlah sedikit. Ada tiga tahap siklus hidup capung yaitu telur, nimfa, dan capung dewasa. Sebagian besar siklus hidup capung hidup di tahap nimfa sehingga sangat jarang bagi kita untuk dapat melihatnya kecuali jika kita berenang di bawah air danau atau kolam dengan mata terbuka.

Seekor capung jantan dan betina akan kawin saat mereka sudah dapat terbang di udara. Setelah dua capung kawin, capung betina akan bertelur di tanaman air atau jika dia tidak dapat menemukan tanaman yang cocok, dia hanya akan menjatuhkan dirinya ke dalam air. Setelah telur capung menetas, siklus hidup larva capung dimulai.

Nimfa terlihat seperti makhluk asing kecil. Ia belum mengembangkan sayapnya dan memiliki tampilan yang tampak seperti punuk menggantung di punggungnya. Nimfa capung hidup di air dan ketika mereka tumbuh, mereka akan berkembang menjadi capung. Bagian dari siklus hidup capung ini bisa memakan waktu hingga empat tahun dan jika siklus nimfa selesai pada awal musim dingin, ia akan tetap di dalam air sampai musim semi ketika cukup hangat untuk keluar.

Nimfa capung hidup di kolam atau daerah berawa karena airnya lebih tenang daripada di sungai atau air terjun. Terkadang mereka juga dapat ditemukan di daerah sungai namun alirannya lebih tenang. Nimfa capung dapat memakan nimfa capung yang lebih kecil saat berkembang.
Setelah nimfa sepenuhnya tumbuh dan cuacanya tepat, ia akan menyelesaikan metamorfosis menjadi capung dengan merangkak keluar dari air naik ke batang tanaman. Nimfa akan menumpahkan kulitnya ke batang tanaman dan kemudian akan menjadi capung muda. Kulit yang ditinggalkan nimfa disebut exuvia dan kita dapat menemukan exuvia masih menempel di batang untuk waktu yang lama setelah capung meninggalkannya. Setelah capung meninggalkan exuvia, capung tersebut sudah masuk ke dalam capung dewasa. Capung akan berburu makanan dan mulai mencari jodoh. Setelah capung menemukan jodoh, betina akan meletakkan badannya di air yang tenang sebagai tempat yang baik untuk bertelur dan siklus hidup capung dimulai dari awal lagi. Capung dewasa hanya hidup sekitar dua bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *