Penyebab Anak Sering Batuk Pilek

 

Batuk dan pilek pada anak-anak merupakan hal yang sering terjadi. Namun kita sebagai orang tua diharapkan jangan terlalu menyepelekan batuk pilek pada anak.

Karena kedua hal tersebut bisa jadi merupakan gejala dari suatu penyakit dari yang ringan hingga berat. Berikut ini adalah penyebab anak sering batuk pilek.

Common cold

Penyakit ini disebut juga dengan flu ringan yang banyak menyebabkan batuk dan pilek. Gejala penyakit yang disebabkan oleh rhinovirus ini antara lain batuk, pilek, bersin-bersin serta hidung tersumbat.

Penyakit common cold ini bisa sembuh dengan sendirinya, jadi kita sebagai orang tua tidak perlu khawatir. Cukup berikan obat-obatan simtomatik pada anak.

Influenza

Influenza hampir sama dengan common cold, bedanya adalah gejala pada influenza lebih berat. Gejala yang muncul biasanya terjadi demam yang tinggi, lemas,batuk,pilek,sakit tenggorokan,tidak nafsu makan. Disamping itu anak juga sering mengalami sakit perut dan diare.

Influenza sebenarnya juga bisa sembuh dengan sendirinya. Namun apabila gejalanya tak kunjung membaik dan anak belum juga sembuh maka kita perlu membawanya ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Alergi

Apakah anak sering mengalami batuk pilek dalam jangka waktu yang lama setelah anak terpapar pencetus tertentu? Bisa jadi anak terkena alergi.

Alergi bisa diturunkan dari orang tua. Jadi jika orang tua mengalami alergi tertentu,kemungkinan besar anaknya juga sama.

Untuk menyembuhkan alergi maka kita bisa berkonsultasi dengan dokter dan menghindari pencetus alergi.

Penyakit jantung

Penyakit jantung sebenarnya jarang sekali terjadi pada anak. Penyakit jantung bawaan pada anak biasanya terlihat dari pertumbuhannya yang terhambat dibandingkan dengan anak seusianya. Selain itu anak juga sering terkena batuk dan pilek.

Untuk mencegah batuk dan pilek, orang tua harus mengajari anak tentang menjaga kebersihan yang baik dan benar. Termasuk kebersihan diri, diantaranya adalah mencuci tangan secara teratur, dilakukan vaksinasi flu, hindari penyebab alergi, istirahat dan tidur yang cukup serta mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Dan jika sakit batuk pilek anak berlanjut maka hendaknya orang tua segera berkonsultasi ke dokter agar anak mendapatkan penanganan yang tepat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *