Kurma  merupakan salah satu tanaman tertua yang ditanam di kawasan kering di timur tengah, semenanjung arab dan afrika utara. Kurma menjadi tanaman pangan utama dan merupakan sumber penghasilan masyarakat di wilayah tersebut.

Negara timur tengah penghasil kurma terbesar antara lain, arab saudi, mesir, algeria, iran, libya, Oman, sudan dan  tunisia. Dalam bahasa yunani kurma disebut phoenix dactylifera. Phoenix artinya buah ungu atau merah dan dactylifera artinya jari lantaran tandanya mirip jari manusia.

Pohon kurma terdiri dari pohon jantan dan betina.

pixabay.com

Penyerbukan kurma dilakukan secara alami oleh angin dan juga penyerbukaan dilakukan serangga. Ada tiga metode perbanyakan tanaman kurma. Pertama  metode vegetatif, kedua metode persilangan seksual dan ketiga, dengan metode kultur jaringan.

Pohon kurma dapat tumbuh meski di iklim sangat panas dan didaerah kering. Tanaman kurma membutuhkan cuaca musim panas panjang dengan curah hujan sedikit serta kelembaban sangat rendah untuk hidup dari mulai penyerbukan sampai panen. Namun tanaman ini tetap memerlukan air yang cukup.

Manfaat Kurma

Buah kurma dimanfaatkan untuk berbagai olahan makanan seperti dijadikan roti, cake, puding, biskuit, campuran sereal dan eskrim. Selain itu, buah kurma juga bisa untuk membuat cuka, wine, bir, jus, sirup, acar, madu, perasa makanan dan pasta.

Buah kurma memiliki kandungan energi sangat tinggi, yakni 70-88 persen kadar gulanya. Buah kurma juga mengandung kalsium, besi, kalium, klorin, belerang, magnesium, asam amino, vitamib A,B1 dan B2, serta mengandung sedikit fosfor.

Kurma memang sangat bermanfaat bagi manusia. Hampir semua bagian pohon kurma dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari batang, serabut, sampai dengan buahnya. Batang kayunya, dimnfaatkan untuk bahan bakar. Daun dan serabut batang, bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka barang seperti tas, pelana unta, keranjang, kabel, tambang, penutup makann, kipas, peti kayu, kasur, kertas dan mebel dan barang lainya.

Daun kering kurma, juga bisa digunakan untuk membuat atap atau dijadikan penyekat dinding. Sedangkan tunasnya, bisa dijadikan salad atau dimasak lebih dulu. Biji kurma bisa digunakan sebagai hiasan dan pakan ternak.

Selanjutnya, minyak dari biji kurma juga bisa digunakan untuk membuat sabun. Sementara buahnya, selain bisa dijadikan sajian makanan pelengkap yang manis dan lezat, juga memiliki kandungan berkhaisat untuk tubuh yang dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

Kultivar Kurma Unggulan

Ada banyak kultivar kurma, namun ada kultivar yang paling unggul yang biasanya bisa ditemkan beberapa toko jual kurma yang lengkap, antara lain Deglet Noor, berasal dari Algeria Sahara. Medjool, berasal dari wilayag Maroko, buah kurma medjool super jumbo dan kini banyak dibudidaya di Amerika Serikat.

Selain itu ada kulivar kurma bahree, kurmanya lunak dan berkualitas tinggi, berasal dari negara Irak. Kulivar lainya, ada halawi, kurma ini berkualitas tinggi, rasanya manis. Ada juga Jenis Hayany yang merupakan salah satu kurma berukuran besar yang berasal dari Negara Mesir.

Selain itu, ada kurma khadrawy, meski pohony Oendek namun cukup produktif berbuah, kurma ini berasal dari Irak dan masih banyak lagi. Diantara semua jenis kurma ini, kurma bahree dan kurma medjool merupakan kurma unggulan yang diproduksi melalui sistem teknik kultur jaringan

Klasifikasi dan Morfologi

pixabay.com

Pohon kurma masuk dalam jenis tanaman palem (arecaceae/suku lalem) juga masuk ke dalam genus phoenix. Dalam bahasa latin kurma disebut phoenix dactylifera.

Di Indonesia, jenis kurma yang banyak disukai yakni kurma mesir, kurma lulu, kurma tunis, kurma sokari dan tentu saja kurma ajwa atau kurma nabi.

Klasifikasi Tanaman Pohon Kurma

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom :tracheobionta
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Super Divisi: Spermatophyta
  • Ordo: Arecales
  • Famili: Arecaceae
  • Genus: Phoenix
  • Spesies: Phoenix dactylifera L.
  • Kelas: Liliopsida
  • Subkelas: Arecidae

Morfologi Tanaman Pohon Kurma

Morfologi tanaman pohon kurma umumnya sama seperti jenis tanaman buah lainya. Morfologi pohon kurma terdiri dari batang, daun, bunga, buah dan biji. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Batang

Pohon kurma memiliki ukuran sedang sampai tinggi. Ukuranya sekitar 15 sampai dengan 25 meter. Bentuk batangnya Bulat namun teksturnya tidak merata, batangnya berdiameter sekitar 40 sampai 45 cm lebih. Pohon kurma tumbuh tunggal atau membentuk rumpun di sejumlah batang dari akar tunggal.

2. Daun

Daun pohon kurma panjangnya antara 3-5 meter dan memiliki duri di tangkai daun, bentuinya menyirip. Pohon kurma memiki sebanyak 150 pucuk daun muda, ukuran panjangnya sekitar 30 cm dan lebar daun sekitar 2 cm.

3. Bunga

Bunga pohon kurma terdiri dari dua ruma, tingginya antara 16 meter dan 20 meter, serta tidak punya percabangan di batangnya. Bunga jantam dan betina sulit dibedakan secara morfologis, rentangan mahkota bunga berkisar dari 6-10 meter.

4. Buah dan Biji

Buah kurma kecil dan bentuknya lonjong ukuranya 2-7, 5 cm. Memiliki aneka warna seperti kemerahan, kuning dan coklat pekat. Tekstur buahnya lembut, ada yang berkerut ada juga yang polos, kurma umumnya memiliki rasa manis, meski ada juga beberapa jenis yang tidak terlalu manis. Biji buah kurma bentuknya memanjang, warnanya coklat muda dengan ukuran 1cm.