5 Mesin Memotong Kayu Terbaik

Dalam industri mebel yang mengolah kayu tentunya Anda membutuhkan mesin-mesin pemotong kayu kualitas terbaik untuk membantu produksi usaha Anda. Apalagi memasuki era 4.0 yang serba otomatis dengan teknologi mutakhir, industri mebel juga tak terlepas dari perkembangan teknologi. Hal ini berguna untuk efisiensi kerja dan hasil terbaik.

Lalu apa saja mesin pemotong kayu terbaik yang dapat Anda gunakan pada usaha mebel Anda? berdasarkan fungsi dan jenis-jenisnya mesin pemotong kayu terbagi menjadi 5 jenis yang dapat digunakan sesuai kegunaan ataupun jenis proses dari kayu yang diolah. Berikut daftar 5 mesin pemotong kayu terbaik yang harus Anda miliki.

pixabay.com

Mesin Planner

Mesin planner atau yang lebih dikenal sebagai mesin sugu atau ketam berfungsi untuk menghaluskan permukaan kayu. Pada masa lampau, mesin sugu manual atau tradisional membutuhkan tenaga manusia serta keterampilan khusus untuk mengoperasikannnya. Tentunya hal ini berbeda dengan jenis mesin planner modern yang lebih mutakhir.

Mesin ketam modern menggunakan mata pisau memutar yang bergerak dengan tenaga listrik. Sehingga saat mengoperasikannya Anda tidak akan mengeluarkan banyak tenaga seperti pada pengoperasian mesin sugu tradisional. Anda hanya perlu menghaluskan permukaan kayu dengan mengusap mesin kepada permukaan kayu. Sangat mudah, bukan?

Mesin CNC Router

Mesin ini memiliki banyak fungsi untuk mengolah kayu. Mesin ini dapat memotong dengan presisi sempurna, mengukir dengan detail yang rumit, serta melakukan marka pada saat proses desain kayu. Mesin ini pada didasarnya memiliki mata bor yang dikontrol oleh program komputer. Sehingga proses pemotongan, pengukiran, serta marka jarang mengalami kegagalan.

Saat ini terdapat banyak jasa CNC Router yang dapat melakukan instalasi mesin CNC Router ini di perusahaan Anda. Meskipun proses instalasi dan input data termasuk rumit dan membutuhkan jasa CNC Router, Anda dapat melakukan operasi yang sangat mudah dan otomatis setelah proses instalasi. Dengan demikian proses pemotongan kayu lebih mudah.

Mesin Gergaji

Saat ini mesin gergaji modern dibedakan menjadi mesin gergaji belah dan potong. Tentunya kedua mesin gergaji ini bekerja dengan fungsi yang berbeda sesuai namanya. Selain itu, kedua mesin ini memiliki jenis komponen yang berbeda pada masing-masing mesinnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui kedua mesin gergaji ini.

Mesin gergaji belah memiliki mata pisau melingkar yang bekerja dalam poros. Anda dapat mengoperasikan mesin ini secara otomatis dengan sabuk yang berjalan otomatis yang menghantarkan kayu untuk melewati pisau. Papan kayu yang besar ataupun kayu log dapat dengan mudah dibelah mesin gergaji yang satu ini.

Mesin gergaji berikutnya adalah mesin gergaji potong. Mesin yang satu ini menggunakan mata pisau berbentuk pita. Mata pisau ini lebih elastis dan fleksibel daripada mesin gergaji belah. Fleksibilitas mesin ini berasal dari mudahnya mengatur sudut potongnya. Anda juga bisa membuat bentuk potongan khusus seperti bentuk lurus memanjang, miring, lengkung, serta bukaan sudut sesuai dengan kebutuhan Anda.

pixabay.com

Mesin Driling

Mesin drilling juga banyak dikenal sebagai mesin bor. Mesin ini berfungsi membuat lubang untuk dowel, skrup, dan pen pada permukaan kayu. Mesin bor termasuk mesin konvensional yang sudah aja sejak dahulu kala. Namun, dalam perkembangannya mesin bor dikembangkan menjadi mesin bor modern yang berteknologi lebih mutakhir.

Jika dulu para pekerja membuat lubang satu persatu pada kayu dan membutuhkan waktu yang cukup lama, dengan mesin bor modern Anda dapat membuat lubang pada permukaan kayu dengan jumlah yang banyak sekaligus. Anda juga dapat mengatur jarak, sudut, dan jumlah lubang yang dibutuhkan dalam sebuah kayu.

Dengan adanya mesin bor modern yang sudah terprogram otomatis, tentunya dapat meringankan pekerjaan pembuatan lubang sekrup dengan lebih cepat namun dengan hasil yang tetap rapi. Selain itu, hal ini juga dapat meminimalisir human error karena telah terprogram khusus di dalam mesin sehingga minim kesalahan ukur atau sudut.

Mesin Amplas

Mesin amplas merupakan mesin yang digunakan di bagian finishing atau langkah terakhir dalam pengolahan material kayu. Dulunya mesin amplas ini berawal dari adanya kertas amplas yang digunakan secara manual untuk menggosok permukaan kayu. Hasil dari kertas amplas cukup membuat kayu licin dan bagus namun membutuhkan waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, saat ini dikembangkan mesin amplas elektrik yang mampu menghaluskan permukaan kayu dalam waktu yang singkat. Tak hanya itu, hasil kayu yang diamplas tidak kalah  halus dan licin dengan kertas amplas biasa. Selain itu, terdapat beberapa jenis mesin amplas kayu yaitu, mesin amplas orbital, orbital acak, delta, dan sabuk.

Demikianlah penjelasan penting terkait mesin-mesin memotong kayu yang wajib Anda miliki dalam industri mebel. Tentunya mesin-mesin ini sangat membantu produksi mebel Anda menjadi lebih cepat dan mampu menghasilkan jumlah mebel yang banyak. Namun, perlu diingat bahwa secanggih apapun alatnya harus ditunjang dengan inovasi dan kreativitas Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *