Mengenal Lebih Dekat Mengenai Ikan Berkumis Si Baung

Apabila saat ini anda sedang mencari informasi tentang ikan baung maka silahkan simak penjelasan ini sampai tuntas. Baung merupakan salah satu ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia mulai dari Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Ternyata ikan ini memang endemik di setiap wilayah di Indonesia.

Anda bisa membedakan beberapa jenis baung berdasarkan ciri-cirinya. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini ulasannya :

  1. Baung Kuning

Baung kuning ini bisa disebut dengan baung senggal dalam bahasa Sunda. Baung kuning ini memiliki tubuh dengan panjang sekitar 20 cm. memiliki sirip lemak yang lebih pendek. Kemudian kalau ujung sirip punggungnya terlipat maka tidak akan mencapai sirip lemak. Baung kuning ini memiliki warna polos dengan coklat kekuningan. Kemudian terdapat garis yang memanjang pada sisi tubuh yang berwarna kuning. Anda bisa menemukan ikan jenis ini di beberapa sungai seperti sungai Ciliwung, Cidurian, Cikeas, Cimanuk dan lainnya.

  1. Baung tageh

Ikan ini merupakan salah satu jenis baung yang banyak sekali kita temui di Pulau Jawa. Baung tageh ini memiliki nama lain dalam bahasa Betawi yaitu ikan Bawon. Kalau bahasa Sunda disebut ikan Singgah. Kalau bahasa Jawa disebut ikan Tageh. Ikan ini memiliki panjang tubuh sekitar 38 cm. Kemudian ikan ini memiliki warna tubuh yang relatif lebih seragam tanpa ada bintik.

  1. Baung putih

Baung putih ini lebih sering disebut dengan baung saja. Karena ikan ini memiliki panjang sekitar 20 cm saja. Ikan ini lebih dikenal dengan memiliki sirip lemak yang lebih pendek. Kemudian pangkal sirip lemak panjangnya kurang dari jarak sirip punggung ke sirip ekor.

Ikan yang dikenal selalu aktif pada malam hari ini memang memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh manusia. Salah satunya bagi anda yang terluka namun sulit sembuh maka anda bisa mengkonsumsi baung. Mengingat kandungan nutrisi pada baung ini bisa membantu mempercepat regenerasi sel.

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai jenis ikan baung yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan anda tentang berbagai jenis baung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *