Mengenal Burung Murai Batu dan Jenis Paling Populer Dijumpai

Jenis burung murai batu hingga sekarang menjadi satu buruan bagi pecinta burung tanah air. Keunikan dari suara hingga tampilan burung murai batu memang jadi aspek utama.

Karena itulah ada sejumlah porsi dari melihat beragam ciri-ciri utama yang saat ini dihadirkan dalam setiap jenis burung murai batu.

Banyak pecinta burung tanah air menganggap burung satu ini menjadi arti keberuntungan. Karena sampai sekarang murai batu menjadi jenis burung paling banyak dicari.

Sayangnya, jumlah burung murai batu ini tidak cukup banyak. Sehingga dari proses budidayanya membutuhkan waktu dan perizinan cukup ketat.

Mengenal Burung Murai Batu

Daerah Persebaran Lovebird Biola

ilustrasi Biola (photo: pixabay.com)

Habitat dari burung murai batu ini berada di alam liar. Karakter suara burung murai batu terlihat berbeda. Bahkan dari variasinya berhasil menarik minat pecinta burung di seluruh dunia.

Berbicara soal harga di pasaran, murai batu cukup tinggi. Mengingat cara budidayanya tidak mudah, kemudian ciri khas murai batu yang jelas berbeda dari lainnya membuat harganya relatif tinggi di pasaran.

Murai batu masuk ke kategori famili muscicapidae ataupun jenis burung cacing. Sedangkan persebaran habitat murai batu berada di Kalimantan Utara dan Sumatra hingga Malaysia.

Memang, saat berada di alam liar murai batu ini cenderung memilih habitat hutan. Ada alasan kenapa murai batu ini menjadi kelompok burung yang dikenal menjaga tertorial daerahnya dengan baik.

Kekuatan kombinasi dan kerjasama di burung murai batu cukup solid. Buktinya karakter sifat burung satu ini akan mempertahankan sarang dan daerah habitatnya secara mati-matian terutama saat ada ancaman hewan lainnya.

Perlu Anda ketahui, ciri khas dari murai batu ini adalah keunikan fisiknya, kemudian panjang ekornya yang melebihi tubuhnya. Kemudian untuk sifat dan mental burung murai batu juga tergolong pemberani.

Tak jarang kontes burung murai batu memperlihatkan agresifnya saat berkicau ataupun pergerakannya yang aktif. Saat berkicau, murai batu akan mengembangkan dada dan bagian perutnya. Hal inilah yang menjadi nilai tambah bahkan bagi pecinta burung murai menyebutnya sebagai ngobra.

Jenis Burung Murai Batu Paling Populer

lovebird biola

ilustrasi lovebird biola (photo: pixabay.com)

Mengenali karakter dan juga ciri khas murai batu ternyata tidak cukup. Karena masih ada jenis-jenis burung murai batu dengan karakter warna bulu dan panjang ekor tidak selalu sama.

Untuk itu, bagi pecinta burung perlu memperhitungkan seperti apa jenis murai batu yang paling populer saat ini.

  1. Murai Batu Medan

Pertama dan paling banyak dijumpai di Indonesia yakni murai batu Medan. Karakter dari murai batu Medan ini terbilang menarik. Sebab dari ukuran ekornya bisa mencapai 30cm.

Ditambah keunikan berupa warna hitam merata dari kanan dan kiri hingga ke pangkal ekor. Keunikan tersebut membuat harga murai batu Medan cukup tinggi.

Bahkan untuk perawatan murai batu Medan ini membutuhkan beberapa fasilitas terbaik. Tujuannya agar tak mudah stres ataupun terjadi kesalahan pemeliharaan.

  1. Murai Batu Nias

Berikutnya ada satu murai batu nias yang cukup populer di kalangan pecinta burung. Karakter dan ciri khas murai batu Nias ini memiliki panjang ekor mencapai 17-20cm.

Kemudian warna bulu dari kepala sampai ekornya dominan hitam. Namun pada bagian bawah tubuh murai batu Nias ini memiliki warna orange.

Ciri khas murai batu Nias ini adalah kekuatan kicauan yang cukup tegas, ditambah lagi mentalnya juga kuat. Bahkan ada berbagai kontes murai batu Nias yang memperlihatkan kualitas kiacuannya.

  1. Murai Batu Lampung

Dikenal sebagai satu burung murai populer di Indonesia yakni murai batu Lampung. Kualitas kicauan suara murai batu lampung ini sering dilakukan berulang-ulang.

Beberapa nada kicauan murai batu Lampung juga terdengar merdu dan keras. Menjadi nilai tambah bagi pecinta burung, karena sudah download suara murai batu Lampung untuk mendapat acuan utama dari setiap perawatannya.

Ciri khas dari panjang ekor murai batu Jambi ini mencapai 18cm. Meskipun terlihat lebih pendek dibandingkan jenis sebelumnya, akan tetapi dari mentalnya terbilang lebih kuat.

Ketika bicara soal mental dan kekuatan dari seekor burung murai batu Jambi pastinya lebih kuat dan memiliki stamina lebih kuat.

  1. Murai Batu Jawa

Sering disebut dengan nama Larwo yang mana jenis burung murai batu Jawa ini memiliki ciri khas hampir sama dengan murai batu Jambi.

Terlihat perbedaan dari ukuran tubuhnya yang lebih kecil dibandingkan murai batu Sumatera. Kemudian terdapat garis dada berwarna hitam sampai ke bagian perutnya.

Untuk performa suara murai batu Jawa ini cukup kuat, dan seringkali diulang-ulang. Peminat dari burung murai batu Jawa ini cukup tinggi. Sebab untuk perawatan dan suara kicauannya lebih menarik.

  1. Murai Batu Aceh

Habitat dari murai batu Aceh tentu saja memberi daerah cukup luas yakni berada di daerah Sumatera Utara, tepatnya Aceh. Ciri khas murai Batu Aceh ini memperlihatkan panjang ekor mencapai 30cm.

Ditambah lagi dari kualitas suara yang ngeroll dan panjang membuat pecinta burung tertarik. Tidak heran suara khasnya yang dinilai lebih nembak pun menjadi keunggulannya.

Untuk jenis murai batu Aceh ini termasuk kategori fighter yang cukup akitf meskipun dari ukuran tubuhnya terlihat kecil.

Dengan mengenal burung murai batu pastinya ada banyak manfaat bisa diperoleh. Berdasarkan beberapa opsi tepat hingga menguntungkan dengan mengenal kualitas burung murai batu, bisa dipastikan ada sejumlah patokan dalam memilih kualitas suara ataupun lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *