Apa yang menarik dari Masjid pasir Pangaraian Rokan Hulu? Berkunjung ke Riau khususnya ke daerah Rokan Hulu kurang lengkap rasanya jika tidak menyempatkan untuk berwisata religi di Masjid Pasir Pangaraian. Menjadi salah satu masjid yang sangat terkenal di Riau, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik yang berasal dari Riau maupun luar Riau.

Tentu saja alasan mengapa masjid ini menjadi populer di kawasan Riau. Selain karena bentuknya yang cukup besar, masjid ini juga memiliki bentuk bangunan yang terbilang unik.

Nah, untuk itu bagi Anda yang berencana untuk berkunjung ke Riau khususnya daerah Rokan Hulu, tidak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu masjid terbesar yang ada di Riau. Namun sebelumnya simak informasi berikut ini.

Seputar Masjid Pasir Pangaraian Rokan Hulu

pixabay.com

Sejarah Pembangunan

Sebelum membahas tentang bangunan masjid Pasir Pangaraian, kurang lengkap rasanya jika tidak mempelajari tentang sejarah pembangunan masjid ini.

Jika melihat dari pembangunannya, awal mula peletakan batu pertama masjid ini yaitu pada awal tahun hijriah dan di penghujung tahun masehi. Untuk waktu pembangunan tepatnya sendiri pada senin 1 Muharram 1429H bersamaan dengan 29 Desember 2008 M.

Berdirinya masjid Pasir Pengaraian atau biasa disebut Masjid Agung Madani Islamic Center ini merupakan gagasan dari Bupati Rokan Hulu 2 yakni Drs H. Achmad, M.Si. Untuk pendiriannya sendiri di latar belakangi karena masih belum adanya masjid yang bagus untuk dijadikan sebagai tempat ibadah masyarakat sekitar.

Salah satu keunikan dari masjid ini yaitu memiliki desain yang hampir sama dengan Masjid Nabawi di Madinah. Bangunan yang terdapat dapat dalam masjid ini pun syarat akan makna dan mendalam yang mana memperlihatkan betapa tinggi dan mulianya agama Islam. Sekarang masjid Pasir Pangaraian ini telah menjadi ikon Rokan Hulu yang sangat terkenal di Riau.

Keunikan Masjid Pasir Pangaraian Rokan Hulu

Berbicara tentang keunikan, masjid termegah di Riau ini memang sudah terkenal dengan keapikan dan keindahan bangunannya. Masjid ini dibangun di atas lahan seluar sekitar 22 hektar dengan luas bangunannya yakni sekitar 15.800 meter persegi. Ketika Anda memasukan kawasan masjid ini, Anda akan langsung disambut dengan oleh puluhan burung melati yang terbang bebas.

Selain itu Anda juga akan dimanjakan dengan suasana Arab dengan puluhan pohon-pohon kurma yang tumbuh di bagian halaman masjid. Anda juga akan semakin nyaman dengan suara gemercik dari air mancur yang berada di tengah-tengah dari peralatan masjid. Nah, bagi Anda yang suka berwisata religi, wajib hukumnya untuk mengunjungi masjid ini saat berkunjung ke Riau.

Alasan Wajib Berkunjung Ke Masjid Pasir Pengaraian

pixabay.com

Menjadi Masjid Termegah di Riau

Tahukah bahwa salah satu alasan mengapa Anda wajib mengunjungi masjid Pasir Pengaraian saat berkunjung ke Riau yaitu karena bangunannya yang begitu bagus. Saking bagus dan besarnya bangunan dari masjid ini, membuatnya mendapat julukan sebagai masjid termegah yang ada di Riau. Karena alasan tersebutlah mengapa banyak orang tertarik untuk berkunjung ke sana.

Bangunannya Seperti Masjid Nabawi

Jika sebelumnya Anda belum pernah berkunjung ke Masjid Nawabi di Madinah, maka Anda bisa mengobatinya dengan berkunjung ke masjid di Rokan Hulu ini. Seperti yang diketahui, sekilas jika dilihat secara saksama masjid Pasir Pangaraian ini memiliki bentuk bangunan yang hampir sama dengan Masjid Nabawi yang ada di Madinah.

Sehingga tidak heran ketika Anda memasuki lingkungan masjid, suasana yang Anda rasakan di sana seperti berada di Arab. Kesan tersebut semakin kuat ketika Anda menjumpai banyak pohon kurma yang berada di halaman masjid.

Menara Masjid yang Tinggi

Hampi semua masjid yang ada di Indonesia memiliki menara  dan hal tersebut juga dimiliki oleh masjid yang ada di Rokan Hulu ini. Namun ada yang unik dari menara yang ada di masjid ini. Perlu diketahui masjid Pasir Pangaraian ini memiliki menara utama yang berdiri kokoh setinggi 99 meter. Untuk dapat menaiki menara utama ini para pengujung hanya perlu menggunakan fasilitas lift yang disediakan.

Demikian beberapa informasi tentang Masjid Pasir Pangaraian yang mana merupakan masjid termegah yang ada di Riau. Bicara soal masjid, karpet menjadi salah satu kebutuhan wajib yang digunakan untuk menunjang kegiatan sholat. Dengan karpet orang akan nyaman dan lebih khusuk ketika melakukan ibadah sholat. namun perlu diingat jangan memilih karpet yang tidak berkualitas.

Ketika karpet yang digunakan tidak nyaman dan tidak berkualitas tentu saja akan mempengaruhi ibadah solat. Untuk bisa mendapatkan karpet yang bagus maka pastikan untuk membelinya di toko karpet masjid yang terpercaya. Untuk mengetahui bagaimana kualitasnya, sebaiknya langsung datang ke toko karpet masjid nya dan pilih sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat!