Para pecinta burung mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang jenis lovebird violet. Jenis burung tersebut cukup banyak peminatnya karena termasuk peliharaan yang lucu dan bernilai jual. Sama halnya dengan namanya, lovebird ini memiliki bulu berwarna ungu yang terlihat lebih lucu untuk dipelihara. Bagi Anda yang ingin memelihara lovebird violet, ada beberapa hal yang diketahui sebagai dasar pengetahuan. Berbagai macam informasi yang bisa Anda pelajari dari lovebird berwarna ungun ini bisa mulai dari cara pemeliharaan, jenis pangan, harga burung, ciri fisik burung dan masih banyak informasi menarik lainnya yang harus Anda ketahui. Karena masih tergolong baru, maka lovebird warna ungu sendiri cukup populer dikalangan para pecinta burung. Terlebih lagi burung jenis ini terlihat sangat menggemaskan dengan bulu cantik yang melekat pada tubuhnya.

Informasi Unik Terkait Lovebird Violet

Jika Anda ingin segera melakukan pemeliharaan jenis lovebird berwarna ungu, maka simaklah informasi penting berikut sebagai pengetahuan penting untuk Anda :

Dua macam jenis lovebird ungu

Sejauh ini, lovebird ungu memiliki dua jenis corak bulu yang sedikit berbeda dengan nama atau julukan yang berbeda pula. Dari corak fisik yang mencirikan burung ini, dua nama julukan yang diberikan yaitu lovebird dakocan violet (DF) dan lovebird fischeri violet (SF). Lovebird dakocan violet mempunyai bulu berwarna ungu yang lebih tua sehingga terlihat sangat cantik dengan warna bulu ungu pekat yang ada di bagian sayap. Sedangkan untuk lovebird fischeri warna bulunya ungu biasa, dan pada bagian dada serta sayapnya juga mengandung warna ungu.

unsplash.com

Ciri fisik lovebird ungun secara umum

Jika umumnya jenis lovebird mempunyai warna biru pada bagian bulunya, namun berbeda untuk jenis lovebird ungu atau violet. Ciri fisik yang dimiliki lovebird ungu cukup unik karena pada bagian paruh, warnanya hampir sama dengan burung lain yang berwarna putih.

Pada bagian kepala burung ini mempunyai warna bulu hitam, namun pada bagian leher hingga dada warna bulunya menjadi putih. Nah ciri khas di bagian sayap, punggung dan perut kebawah barulah berwarna biru keunguan yang merupakan asal usul dari julukannya.

Beternak lovebird ungu

Suara kicauan yang khas dan keunikan warna bulu yang dimiliki menjadi daya tarik unik yang disukai oleh pecinta burung. Cara ternak lovebird violet bisa dibilang cukup gampang namun juga susah. Anda harus menyiapkan kandang yang mewadai dan juga siapkan jenis lovebird ungu jantan dan betinanya.

Hal tersebut dilakukan untuk mempertahankan warna bulu yang akan dimiliki oleh keturunannya. Masukkan jenis lovebird ungu jantan dan betina dalam satu kandang sampai bertelur. Kemudian tetaskan telur tersebuut, baik menggunakan indukannya maupun menggunakan mesin penetas telur.

pxhere.com

Cara memelihara burung love violet

Cara perawatan atau pemeliharaan lovebird violet hampir sama dengan jenis burung pada umumnya. ada beberapa hal yang harus dilakukan agar burug tetap sehat dan aman saat dipelihara. Yang pertama selalu menjaga kebersihan kandang dari sisa makanan maupun kotoran dengan rajin membersihkannya. Cucilah wadah atau tempat makan dan minum burung yang ada dalam kandang dengan air mengalir.

Mandikan burung secara rutin dan jemur diterik matahari agar kuman dan bakteri tidak berani mendekati burung. Berikan makanan yang berkualitas pada burung agar tumbuh sehat. Berikan juga vitamin atau antibiotik agar butung tetap sehat.

Harga jual lovebird warna ungu

Jenis lovebird ungu saat ini sangat populer untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Karena tergolong jenis burung baru dipasaran, maka tidak heran lovebird ungu menjadi primadona. Alasannya karena warna bulu yang indah nan cantik yang dimiliki ditambah dengan kicauan burung yang bagus, membuat jenis burung ini dijual dengan harga yang cukup fantastis.

Harga burng ungu yang masih anakan yang betina saja, dijual dengan harga kisaran antara Rp800.000 hingga mencapai harga Rp2.200.000 untuk satu ekornya. Sedangkan untuk jenis anakan jantan harga yang ditawarkan kisaran antara Rp1.000.000 sampai Rp2.800.000. Untuk ukuran burung dewasa yang betina, harga jual yang diberikan antara Rp1.700.000 sampai dengan Rp3.000.000 dan merupakan harga yang cukup mahal. jenis burung dewasa yang jantan antara Rp1.800.000 hingga Rp3.500.000 per ekor.

unsplash.com

Perbedaan lovebird ungu dengan jenis lain

Hal utama yang menjadi perbedaan antara jenis lovebird ungu dan jenis lain yaitu terletak pada bulunya. Secara umum ada 3 jenis lovebird dengan warna yang berbeda yaitu biru mangsi, cobalt dan violet. Jika lovebird biru mangsi, warna paruh putih, kepala hitam dan leher putih hingga dada namun berwana biru pada bagian sayap, perut sampai ke bawah.

Lovebird cobalt mempunyai ciri yaitu paruh berwarna putih, kepala hitam, leher putih dan bulu hitam. Sedangkan ovebird ungu dari pauh hingga leher warnanya sama dnegaan kedua jenis burung sebeumnya, namun pada bagian sayap, dada dan perut kebawah warnanya ungu.

Informasi lovebird violet di atas cukup lengkap dan cocok dijadikan sebuah pengetahuan menarik bagi Anda pecinta burung maupun bukan.