Khasiat Daun Beluntas yang Belum Banyak Diketahui

Bagi sebagian orang, nama daun beluntas sudah sangat familier, tetapi banyak pula yang masih merasa asing mendengarnya. Padahal, tanaman ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan seperti yang akan diuraikan berikut ini.

Ciri-Ciri Daun Beluntas

Selama ini, beluntas lebih dikenal sebagai tanaman pagar karena memiliki batang yang bulat, tegak, serta bercabang banyak. Jika tidak dipangkas, ketinggian tanaman bisa mencapai 3 meter.

Daun beluntas memiliki ciri berwarna hijau terang dan berukuran kecil dengan lebar 2–4 cm serta panjang 3–6 cm. Bentuk daunnya bulat telur, ujungnya meruncing, dan permukaannya ditumbuhi bulu-bulu halus.

Khasiat Daun Beluntas untuk Tubuh

Berdasarkan penelitian, daun beluntas mengandung beberapa senyawa aktif, yaitu magnesium, natrium, fosfor, kalsium, alkaloid, flavonoid, tanin, dan minyak atsiri. Senyawa-senyawa tersebutlah yang membuat daun ini berkhasiat sebagai obat.

Selain mengatasi keluhan ringan seperti bau mulut dan bau badan, beluntas juga ampuh mengobati beberapa penyakit, seperti pegal linu, rematik, dan nyeri pinggang. Bagi wanita, daun ini juga bisa mengatasi keputihan dan menjaga kesehatan rahim.

Khasiat daun beluntas bisa didapatkan dengan cara dimakan mentah atau direbus. Caranya, cuci dan rebus 3–5 helai daun dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Air rebusan diminum pada pagi dan sore hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *