Mengenal Seluk Beluk Karburator Motor

Karburator motor adalah sebuah komponen yang memiliki fungsi untuk mengabutkan bahan bakar pada sepeda motor. Teknologi karburator kini mulai ditinggalkan dan digantikan oleh teknologi baru yang lebih optimal dalam menghasilkan tenaga yaitu teknologi injeksi. Meskipun lebih boros dari segi penggunaan bahan bakar dibanding teknologi injeksi, namun karburator masih digemari hingga kini.

Desain serta struktur karburator yang lebih sederhana dibanding struktur teknologi injeksi menjadi salah satu alasan mengapa karburator masih disukai hingga saat ini. Desain karburator yang sederhana tersebut membuat karburator lebih mudah untuk dimodifikasi. Desain yang sederhana tersebut juga membuat karburator lebih mudah diperbaiki jika karburator bermasalah atau mengalami kerusakan.

Selain karena desain dan strukturnya yang lebih sederhana dibanding teknologi injeksi, harga karburator yang relatif lebih murah dibanding teknologi injeksi juga menjadi alasan mengapa sebagian besar orang masih menyukai karburator.

Prinsip Kerja Karburator

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Pada dasarnya, kerja karburator mirip dengan semprotan nyamuk yaitu dengan mengubah bahan bakar yang berbentuk cair menjadi bentuk kabut. Caranya adalah dengan mengandalkan kevakuman saat piston bergerak turun saat terjadi langkah isap. Saat mesin dihidupkan, karburator akan mulai bekerja. Saat mesin sepeda motor mulai menyala, mesin akan menghisap udara melalui karburator.

Udara yang dihisap oleh mesin sepeda motor melalui karburator tersebut kemudian akan disatukan dengan bahan bakar menjadi gas atau kabut bahan bakar. Campuran bahan bakar dan udara yang berbentuk kabut tersebut akan disemprotkan ke silinder untuk dibakar.

Dari proses pembakaran bahan bakar tersebut, ledakan akan dihasilkan yang kemudian akan dikonversi menjadi tenaga. Sedikit atau banyaknya gas yang disemprotkan oleh karburator tersebut sangat dipengaruhi oleh bukaan gas.

Penyebab Karburator Kotor dan Cara Membersihkannya

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Sebagai bagian mesin motor yang berfungsi untuk mencampur bahan bakar dan udara agar lebih mudah terbakar, karburator motor memiliki peran yang sangat penting. Meski begitu, karburator juga dapat mengganggu kinerja mesin jika jarang dibersihkan. Karburator yang kotor dan jarang dibersihkan akan membuat mesin sepeda motor menjadi tersendat-sendat.

Karena itulah karburator sepeda motor harus sering dibersihkan agar tidak mengganggu kinerja mesin. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan karburator sepeda motor menjadi kotor. Penyebab karburator menjadi kotor di antaranya adalah adanya kotoran yang menumpuk pada klep motor, kebocoran pada bagian membran serta karena pegas kehilangan kelenturannya.

  1. Kotoran pada klep motor

Tumpukan kotoran yang mengendap pada klep motor harus sering dibersihkan. Jika kotoran dibiarkan mengendap dan jarang dibersihkan, klep akan sulit untuk ditarik maksimal saat pengguna sepeda motor menarik tuas gas. Tarikan yang kurang maksimal tersebut menyebabkan pasokan bahan bakar yang disalurkan ke ruang pembakaran menjadi tidak maksimal.

  1. Kebocoran pada membran

Membran merupakan salah satu komponen karburator yang berbahan karet. Membran terletak di bagian karburator vakum dan memiliki peran yang sangat penting. Kerusakan atau kebocoran pada membran dapat terjadi jika karburator terlalu sering diotak-atik atau dibongkar dengan sembarangan dan kurang hati-hati.

  1. Pegas kehilangan kelenturan.

Pegas yang kehilangan kelenturan memang permasalahan yang sering terjadi. Umumnya, kelenturan pada pegas menurun seiring bertambahnya usia pemakaian. Selain itu, kelenturan pegas juga dapat menurun karena salah perlakuan misalnya karena karburator terlalu sering diotak-atik atau dibongkar pasang dengan cara yang tidak tepat.

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam cara membersihkan karburator motor dengan tepat saat membersihkan karburator motor adalah melepas karburator motor dengan hati-hati. Setelah melepas karburator motor, bersihkan filter udara dengan cairan pembersih khusus. Namun sebelum dibersihkan,  filter udara ini harus dilepaskan terlebih dahulu.

Membersihkan karburator juga dapat dilakukan dengan cara membuka mangkuk karburator. Untuk membuka mangkuk karburator, lepaskan seluruh baut pengait lalu cek apakah ada kotoran yang mengendap atau menempel. Apabila ada kotoran pada bagian ini, bersihkan kotoran tersebut menggunakan kuas kecil yang lembut.

Bagian-bagian karburator yang lain juga perlu dibersihkan dengan benar. Berbagai informasi tentang karburator sepeda motor termasuk cara membersihkan karburator dengan benar bisa didapatkan dari lembaga kursus mekanik. Salah satu lembaga kursus mekanik yang telah banyak dikenal dan dipercaya adalah Hendriansyah Mechanical Motor Course atau HMMC Surabaya.

Lembaga kursus yang satu ini termasuk unik karena ilmu yang ditawarkan kepada peserta tentang dunia mekanik tidak terbatas pada sepeda motor standar. Hendriansyah Mechanical Motor Course juga menawarkan paket kursus bagi orang-orang yang ingin belajar tentang motor balap. Dari segi fasilitas, HMMC Surabaya menyediakan fasilitas yang cukup lengkap.

Fasilitas yang ditawarkan oleh Hendriansyah Mechanical Motor Coursecabang Surabaya di antaranya adalah ruang kursus yang berpendingin, mess gratis, satu instruktur untuk membimbing satu siswa serta jaminan lapangan kerja bagi siswa berprestasi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *