Kabupaten Grobogan

Grobogan adalah salah satu Kabupaten  yang berada di Propinsi Jawa Tengah. Kabupaten Gerobogan merupakan Kabupaten terluas kedua  di Jawa Tengah setelah kabupaten Cilacap.. Ibukotanya adalah kecamatan Purwodadi.

Tentang Kabupaten Grobogan

Kondisi alam

Kondisi alam Kabupaten Gerobogan berupa lembah dan dataran rendah. Terdapat dua pegunungan kapur yakni Pegunungan Kapur utara, letaknya di sebelah utara dan Pegunungan Kendeng, berada di bagian selatan. Pegunungan tersebut ditumbuhi pohon-pohon jati dan mahoni.

Batas Wilayah

Kabupaten Gerobogan berbatan langsung dengan kabupaten tetangganya. Disebelah Barat, berbatasan dengan Kabupaten Demak dan Kabupaten Semarang. Sebelah timur, dengan Kabupaten Blora. Di selatan, berbatasan dengan Kabupaten Sragen, Boyolali dan Kabupaten Ngawi Jawa Timur. Sedangkan di utara, kabupaten Grobogan berbatasan dengan kabupaten Pati, Demak dan Kabupaten Kudus.

Wilayah Administratif

Kabupaten Grobogan terdari dari 273 Desa, 7 Kelurahan dan 19 Kecamatan. Kecamatan ini meliputi Kecamatan Grobogan, Kecamatan Pulokulon, Kecamatan karangrayung, Kecamatan Gabus, Kecamatan Wirosari, Kecamatan Brati, Kecamatan klambu dan Kecamatan Godong.

Selanjutnya, yakni Kecamatan Toroh, Kecamatan Geyer, Kecamatan Ngaringan, Kecmatan Tawangharjo dan Kecamatan Tegowanu dan Kecamatan Tangguhjaro.Kecamatan lainya di Grobogan yakni  Kecamatan Kradenan, Kecamatan Penawangan dan Kecamatan Gubug dan Kecamatan Tegowanu, Kecamatan Tanggungharjo dan Kecamatan Purwodadi.

Wisata

Ada sejumlah tempat wisata di Kabupaten Grobogan. Antara lain :

Wisata alam Api Abadi Mrepen : disini, anda bisa menyaksikan fenomena unik munculnya gas alam dari dalam tanah tersulut api dan terus-terusan menyala walaupun terkena air hujan. Selain itu, dikompleks wisata ini juga ada kolam mendidih yang diklaim bisa mengobati penyakit kulit. Lokasi wisata Api Abadi Mrepen berada di kecamatan Godong tepatnya di desa Manggarmas.

Wisata Alam Bledug Kuwu : salah satu tempat wisata cukup populer di Grobogan.  Lokasinya berada di Desa Kuwu Kecamatan Kradenan. Wisata ini menawarkan fenomena unik, yakni letupan lumpur. Uniknya, letupan lumpur tersebut mengandung garam, letupan ini terjadi setiap dua sampai tiga menit.

Wisata Religi : Mengunjungi makam ki Ageng Tarub, makam Ki Ageng Getas Pendowo dan Makam Ki Ageng Selo.

Destinasi lain : masih ada banyak destinasi wisata di Grobogan. Seperti wisata keluarga, wisata alam, wisata pemandian. Anda juga bisa menyaksikan event-event menarik di kota ini seperti pekarn raya grobogan dan Purwodadi Expo sambil menikmati kuliner kuliner khas daerah yang lezat.

Leave a Reply