Jumlah Kambing Aqiqah Untuk Anak Laki – Laki Dan Anak Perempuan

Allah SWT menciptakan manusia dengan berbeda – beda dari suku, bangsa, dan menciptakan seluruh makhluk di dunia ini yaitu untuk beribadah hanya kepada Allah SWT. Sebagai umat muslim tentunya tahu bahwa setiap bayi lahir merupakan anugerah dari Allah SWT. Kebiasaan umat islam menyelenggarakan aqiqah sebagai tanda syukur atas kelahiran sang bayi. Aqiqah adalah menyembelih hewan kambing ataupun domba pada hari ke tujuh setelah kelahiran seorang anak.

Aqiqah dilakukan dengan menyembelih hewan kambing setelah itu dibagikan kepada kerabat dan tetangga. dasar hukum aqiqah yaitu sunnah merupakan anjuran dari Rasulullah SAW sebagai umat muslim hendaknya melaksanakan aqiqah, walaupun aqiqah hanya untuk yang mampu menyembelih hewan aqiqah yaitu kambing.

Dalam kata lain aqiqah itu wajib dilaksanakan bagi yang mampu sedangkan jika tidak mampu menyembelih hewan aqiqah karena tidak memiliki harta maka hukumnya sunnah. Dan untuk jumlah kambing aqiqah bagi anak laki – laki dan anak perempuan itu berbeda. Agar proses aqiqah lancar bisa melaksanakannya di aqiqah sidoarjo.

Jumlah Kambing Aqiqah Untuk Anak Laki – Laki Dan Anak Perempuan

Pixabay.com

Laki-laki dan perempuan merupakan ciptaan Allah SWT meskipun tetap ada perbedaan diantara keduanya sama halnya pada saat melaksanakan aqiqah. Berikut jumlah kambing aqiqah untuk anak laki – laki dan anak perempuan:

  1. Jumlah Kambing aqiqah untuk anak laki – laki

Dalil aqiqah untuk anak laki – laki dengan dua ekor kambing dari Ummu Kurz Ka’biyyah, ia berkata, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda.: “Untuk anak laki – laki dua kambing dan untuk anak perempuan satu kambing”.

Abu Daud mengatakan saya mendengar Ahmad mengatakan: “Mukafiatani adalah yang sama atau saling bertemu”. HR. Abu Daud no. 2834 dan Ibnu Majah no. 3162 Menurut Syaikh Al Albani bahwa hadits ini shahih.

Dari Ummul Mukminin, ‘Aisyah radhiyallahu’ anha, ia berkata.: Rasulullah SAW, menerima mereka, untuk anak laki – laki dengan dua ekor kambing dan anak perempuan dengan satu ekor kambing”. HR. Tirmidzi no 1513 di Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini shahih. hadits ini shahih menurut Syaikh Al Albani .

Dari dua hadits  diatas sudah jelas membedakan antara aqiqah untuk anak laki – laki dan juga anak perempuan. Anak laki – laki yaitu dua ekor kambing dan untuk anak perempuan dengan satu ekor kambing.

Dalil aqiqah untuk anak laki – laki dengan satu ekor kambing dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata. “Rasulullah SAW tidak pernah mengaqiqahkan Hasan dan Husain, masing – masing satu ekor domba”. HR. Abu Daud no 2841. Menurut Syaikh Al Albanibahwa hadits ini shahih. Akankah yang dimaksud dengan dua kambing, itu yang lebih shahih.

Namun dalam riwayat An Nasai, dari Ibnu ‘Abba, ia berkata.: “Rasulullah SAW pernah mengaqiqahkan Hasan dan Husain, masing – masing dua ekor domba”. HR. An Nasai no 4219. Menurut Syaikh Al Albani bahwa hadits ini shahih.

Hadits Ibnu ‘Abbas yang di keluarkan oleh Abu Daud, di ajukan yang menjadi pegangan Imam Malik untuk menyatakan aqiqah anak laki – laki sama dengan anak perempuan  yaitu dengan satu ekor kambing.

  1. Jumlah Kambing aqiqah untuk anak perempuan

Pixabay.com

Untuk aqiqah anak perempuan cukup satu ekor kambing dan boleh jantan atau betina, pendapat ini dari hadits Iman An Nasai yang berbunyi.: “ Bagi anak laki – laki dua ekor hewan domba atau kambing dan untuk bayi perempuan satu saja hewan domba atau kambing, pun tidak jadi masalah hewan tersebut jantan atau betina. HR. Nasai No.4146

Dari hadits Imam Nasai nomor 4147 yang berbunyi.: “Untuk anak laki – laki dua kambing dan untuk anak perempuan satu kambing, tak masalah atas kalian apakah kambing tersebut jantan atau betina”. HR. Nasai No.4147

Hadits Imam Nasai nomor 4148 yang berbunyi.:” Rasulullah melakukan aqiqah untuk Al-Hasan dan Al-Husain Radhiyallahu’anhuma dengan dua ekor kambing dan dua ekor kambing”. HR. Nasai No. 4148

Dalil dianjurkannya aqiqah adalah hadits Nabi Muhammad SAW antara lain: “Dari syahihad Aisyah r.a.,sungguh Rasulullah SAW memerintahkan kepada para sahabat untuk mengaqiqahkan anak laki – lakinya dengan dua kambing atau domba yang besar dan anak perempuan satu kambing atau domba”. Hadits ini shahih menurut Imam Al-Tirmidzi.

Dari beberapa hadits diatas menjelaskan bahwa anak perempuan sah di aqiqahi dengan menyembelih satu ekor kambing atau domba saja. Sedangkan untuk anak laki – laki sangat dianjurkan untuk menyembelih dua ekor kambing bila akan di aqiqahkan. Jadi jika ada yang mengaqiqahkan anak laki – laki dengan satu ekor itu tidak dianjurkan, karena Rasulullah SAW tidak pernah mengaqiqahkan Hasan dan Husain dengan satu ekor kambing.

Hal tersebut juga sama dengan hukum waris, dimana anak laki – laki berhak mewarisi harta orang tuanya dua bagian sedangkan anak perempuan satu bagian. Dan untuk jenis kelamin kambing aqiqah jantan maupun betina disimpulkan bahwa tidak dianjurkan dalam aqiqah harus jantan atau betina. Jadi jika anda ingin mengaqiqahkan anak laki –laki atau anak perempuan bisa melalui jasa catering aqiqah di aqiqahsakinah.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *