Program Internasional Biologi di UGM

Negeri Gadjah Mada sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia setiap tahunnya selalu membuka menerima mahasiswa baru melalui berbagai jalur pendaftaran. Jalur pendaftaran tersebut terdiri dari 2, yaitu jalur regular dan internasional.

Pendaftaran secara regular melalui SNMPTN, SBMPTN hingga Ujian Tulis selalu mereka buka sesuai dengan aturan yang ada. Namun untuk memenuhi beberapa kelas yang dibuka secara internasional, UGM juga membuka jalur pendaftaran Internasional Undergraduated Program atau IUP. Program ini dibuka sebelum pendaftaran regular, sesuai dengan namanya.

Program internasional ini dibuka hampir di semua program studi yang ada di semua fakultas. Salah satunya ialah Program Studi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sebagian orang pasti penasaran mengapa membuka kelas internasional untuk ilmu murni dan sebagian lainnya hanya akan memikirkan prestise yang akan diperoleh.

Biologi sebagai salah satu ilmu alam memiliki banyak peran di kehidupan sehari-hari, baik secara langsung maupun tidak. Bukan hanya itu, program studi biologi murni juga erat kaitannya dengan penelitian dan pengembangan ilmu itu sendiri. Sementara itu penelitian dan pengembangan ilmu harus terus menerus dilakukan untuk memperbarui informasi yang sudah ada.

Kelas IUP Biologi UGM ini merupakan salah satu cara UGM dalam memberikan sumbangsih untuk pengembangan ilmu dan penemuan bidang biologi di dunia internasional. Selain itu, kelas ini juga memberikan kesempatan bagi peminat biologi, baik itu WNI maupun WNA, tetapi juga tertarik untuk berkarir di kancah internasional.

Sebagai salah satu program yang ditawarkan, program internasional atau kelas internasional IUP Biologi UGM menerima semua mahasiswa yang bukan hanya berminat pada biologi saja tetapi juga berminat pada dunia internasional. Hal ini penting karena hampir seluruh aktivitas perkuliahan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Pada kelas ini, mahasiswa juga akan lebih mendalami biologi. Hal ini dikarenakan didukung dengan fasilitas dimana pihak kampus akan mengundang dosen ahli dari universitas luar negeri untuk menjadi dosen tamu yang mengajar di kelas. Selain itu, tiap mahasiswa juga diwajibkan untuk mengambil double degree program di universitas luar negeri.

pxhere.com

Untuk bisa mengikuti kelas IUP Biologi di UGM, diperlukan kesiapan diri akan rangkaian tes yang perlu dilakukan. Tes masuk tersebut terdiri 4 jenis, yaitu tes potensial akademik, tes kemampuan berbahasa Inggris (TEOFL dan IELTS), Leadership Grup Discussion, serta wawancara. Seluruh tes tersebut menggunakan standar internasional.

Serangkaian tes yang menguji berbagai aspek itu memang mengutamakan mengenai kemampuan dalam berbahasa Inggris. Sebab Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan penting bagi tiap mahasiswa untuk menguasainya. Dengan penguasaan bahasa yang baik, maka proses berkomunikasi, serta penerimaan dan penyampaian pendapat akan baik juga.

Kemampuan berbahasa Inggris ini juga erat kaitannya dengan perkembangan dunia saat ini, termasuk juga mengenai penemuan-penemuan terbaru. Bukan hanya soal penemuan bidang biologi, tetapi juga seluruh aspek termasuk politik dan sosial. Pengetahuan umum dari calon mahasiswa juga akan diuji.

Meski demikian, kemampuan akademis mahasiswa juga tetap diperhitungkan dengan baik. Hal ini dikarenakan jago berbahasa Inggris saja tidak akan cukup jika pengetahuannya kosong. Oleh sebab itu tes potensial akademik juga diadakan dan disesuaikan soal ujiannya.

Sementara itu, niat dan usaha, serta rasa percaya diri calon mahasiswa akan dilihat dalam wawancara. Tes wawancara ini bukan hanya melihat kemampuan mahasiswa dalam berbicara dan menyusun kata-kata, tetapi juga pada berpikir cepat dan logis dalam menjawab pertanyaan.

pxhere.com

Anggapan akan betapa sulitnya ujian masuk kelas internasional ini pasti akan terus membayang. Namun untuk dapat lulus, Anda tak bisa hanya dengan mengandalkan belajar materi yang biasanya. Anda perlu mempelajari soal-soal yang biasanya dikeluarkan tahun-tahun sebelumnya. Soal-soal itu bisa dengan mudah didapatkan di internet.

Namun dengan mempelajari soal-soal itu saja belum tentu cukup. Anda memerlukan mentor dalam menuntut Anda belajar karena bisa-bisa Anda tersesat di antara hutan belantara materi ujian yang demikian luasnya. Dengan mengikuti bimbel IUP Biologi UGM, jalan Anda akan sedikit banyak jadi lebih terarah.

Bimbel ini akan membantu Anda dalam memilih materi ujian. Selain itu, Anda akan mendapatkan tips dan trik dalam menjawab berbagai tipe soal yang berbeda. Hal ini penting karena tiap tipe soal yang berbeda membutuhkan cara dan kejelian yang berbeda juga. Jangan sampai Anda kaget dan tidak terbiasa dengan tipe soal yang akan diujikan.

Melalui bimbel ini, Anda bukan hanya mengingat materi yang sudah Anda tahu tetapi juga bisa menambah pengetahuan. Ini merupakan suatu hal yang penting karena soal yang diujikan juga pasti berkembang dari tahun ke tahun.

Walau memiliki ujian masuk yang cukup sulit dan biaya yang cukup mahal, peminat program ini juga tidaklah berkurang. Hal ini dikarenakan fasilitas dan pengalaman serta ilmu yang diperoleh sebanding dengan dua hal tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *