Inilah 5 Negara Pendiri ASEAN

Organisasi terbesar yang ada di wilayah Asia Tenggara, yaitu ASEAN tentu sudah tidak asing. Sejarah telah mencatat bahwa terbentuknya organisasi ini sebagai wadah untuk mensejahterakan manusia sudah berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Setiap tahun selalu dilakukan pertemuan besar yang mana membahas berbagai isu besar yang ada wilayah teritorial tersebut.

 

Latar Belakang Terbentuknya ASEAN

Sebelum resmi terbentuk pada 8 Agustus 1976, wilayah Asia bagian Tenggara memiliki banyak masalah yang sangat serius. Terutama masalah krisis ekonomi yang mana telah berlangsung cukup lama pada tahuan 1960an. Adanya krisis ini serta beberapa ancaman lain seperti keamanan wilayah, kasus kejahatan hingga masalah seperti terorisme telah membuat beberapa negara menjadi geram. Hingga akhirnya pada tanggal tersebut resmilah berdiri sebuah organisasi besar yang dipioner oleh lima negara perwakilan.

 

5 negara pendiri ASEAN tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand serta Vietnam. Perjanjian pembentukan organisasi tersebut sering dikenal dengan nama deklarasi Bangkok, sesuai dengan lokasi diselenggarakannya pertemuan tersebut.

 

Daftar Negara Anggota ASEAN

Berbicara mengenai anggota dari ASEAN, maka yang termasuk ke dalam anggotanya adalah semua negara di wilayah Asia Tenggara. Selain ke 5 negara pendiri ASEAN, hingga saat ini ada beberapa negara anggota tambahan. Mereka yaitu Brunei Darussalam, Laos, Kamboja, dan Myanmar. Semua negara tersebut berkerja sama untuk membentuk masyarakat ASEAN yang sejahtera.

 

Fakta-fakta Menarik ASEAN

ASEAN digadang-gadang bakal menjadi pemimpin ekonomi dunia mengalahkan Uni Eropa di masa yang akan datang. Nah agar Anda lebih mengenal ASEAN, coba deh cek beberapa fakta menarik ASEAN berikut ini!

  • Jika seluruh negara disatukan, maka ASEAN ini berada di urutan ketujuh sebagai kawasan dengan tingkat ekonomi paling tinggi.
  • ASEAN diketahui sebagai kawasan pengekspor nomor empat terbesar di dunia.
  • ASEAN diketahui memiliki 227 perusahaan terbesar di dunia.

 

Setelah membaca artikel ini, Anda ‘pun jadi tahu beberapa negara pendiri ASEAN. Lewat artikel ini, kami harap Anda dapat semakin mencintai ASEAN!

 

Leave a Reply