Hikmah Menutup Aurat Bagi Muslimah Selain Menghindari Dosa

Dikarenakan menutup aurat adalah kewajiban, maka hikmah menutup aurat yang pertama adalah terhindar dari dosa akibat mengumbar aurat. Namun tentunya tidak hanya itu saja hikmah dibalik wajibnya menutup aurat. Lantas, apa saja hikmah yang bisa Anda ambil?

Salah satu penyebab kenapa kelak neraka lebih banyak dihuni oleh Kaum Hawa adalah karena selama hidupnya mereka banyak yang tidak menutup auratnya. Terlebih lagi ini dilakukan didepan laki-laki yang bukan mahramnya. Parahnya, ada yang dilakukan dengan sengaja.

Maka dari itu alangkah baiknya jika sebisa mungkin Anda putuskan untuk menutup aurat. Terlebih lagi selain menjalankan perintah agama, menutup aurat juga banyak faedahnya. Apalagi wanita adalah makhluk mulai yang diciptakan Allah SWT. Artinya, banyak keistimewaan dari Kaum Hawa yang tidak dimiliki oleh Kaum Adam.

pxhere.com

Batasan Aurat Wanita

Berbicara masalah aurat wanita, poin penting pertama yang harus dipahami adalah batasan dari aurat wanita tersebut. Sangat tidak lucu jika Anda ingin melaksanakan perintah Allah SWT yang satu ini tapi di sisi lain belum tahu bagian mana saja yang harus ditutup.

Pendapat dari mayoritas ulama Fiqih menyebutkan jika aurat wanita adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Dikarenakan menutup aurat adalah suatu kewajiban, maka dalam praktiknya harus diperhatikan betul.

Misalnya saja dalam hal berbusana. Jangan sampai busana yang Anda kenakan justru mengumbar aurat Anda. Meskipun dengan alasan untuk tampil lebih kekinian.

Jika alasannya adalah gaya berpakaian supaya modis, maka busana seperti gamis modern bisa menjadi alternatifnya. Toh, banyak sekali model maupun motif yang disesuaikan dengan kebutuhan wanita. Misalnya gamis batik, gamis motif bunga dan lain sebagainya.

pxhere.com

Hikmah Menutup Aurat Bagi Muslimah

Selain bisa menghindarkan diri dari terjerumus ke dalam api neraka, menutup aurat bisa melindungi wanita selama di dunia. Di bawah ini adalah beberapa hikmah atau manfaat lain jika seorang muslimah memilih menjaga auratnya dengan baik.

  1. Terhindar Dari Fitnah, Tuduhan, Hingga Pandangan Negatif

Wanita yang mengumbar auratnya sangat lekat dengan sebutan wanita nakal. Ini berkebalikan dengan pengguna hijab. Menutup aurat bisa menghindarkan diri dari penilaian-penilaian negatif tadi.

Usahakan untuk tidak mengenakan pakaian minim yang memperlihatkan bagian tubuh yang bisa menimbulkan pandangan negatif dari lawan jenis. Apalagi perbuatan seperti ini hanya akan menambah beban dosa seorang wanita saja.

  1. Menunjukkan Diri Jika Anda Bukan Wanita Murahan

Menutup aurat bisa dijadikan sebagai identitas bahwa Anda adalah wanita baik-baik. Ditambah lagi jika wanita tersebut memiliki prilaku yang baik dan sopan, maka orang pun akan menilai jika wanita tersebut adalah orang baik dan bukan wanita murahan.

Sebab rata-rata yang dinilai pertama kali adalah dari luarnya dulu. Artinya jika auratnya saja sudah diumbar, secara otomatis Anda akan dicap sebagai wanita murahan.

pxhere.com
  1. Mencegah Timbulnya Hawa Nafsu

Normalnya laki-laki akan tergoda jika melihat wanita yang mengenakan pakaian ketat atau minim. Secara kodrati seorang laki-laki akan lebih tergoda dengan wanita seperti itu.  Akhirnya kaum lelaki akan berfikiran yang kurang baik.

Lain halnya ketika laki-laki melihat wanita yang menutup auratnya dengan baik. Para laki-laki lebih bisa menahan hawa nafsunya. Selain itu mereka juga akan lebih menghargai wanita tersebut.

  1. Melindungi Tubuh Dan Kulit

Tidak hanya untuk batin dan rohani saja, menutup aurat juga memiliki hikmah yang cukup besar untuk fisik. Misalnya untuk melindungi tubuh dan kulit dari lingkungan.

Kenakanlah pakaian yang mampu menutup aurat secara sempurna. Paling tidak, hal itu bisa membuat si pemakai tidak akan merasa kepanasan saat musim kemarau. Bahkan tidak akan merasa kedinginan saat musim hujan.

Hal yang sama juga terjadi dengan debu dan kotoran yang akan terhalang mengenai kulit secara langsung. Artinya kulit akan selalu bersih dan terjaga dengan baik. Lebih dari itu, kulit juga akan terhindar dari bahaya terkena paparan sinar UV secara langsung.

  1. Mencegah Terkena Penyakit Dan Gangguan Kesehatan

Contoh penyakit yang bisa muncul ketika sering membuka aurat adalah kanker kulit, noda flek pada kulit, kulit terbakar, bintik-bintik pada kulit, dan lain sebagainya. Semua itu bisa dengan mudah dicegah ketika Anda memilih mengenakan pakaian yang melindungi tubuh, seperti halnya gamis modern.

Kesimpulannya, muslimah sejati tahu mana yang terbaik untuk dirinya. Menutup aurat adalah pilihan yang sangat tepat. Karena di dalamnya, tersimpan hikmah menutup aurat yang sangat besar untuk dirinya.

Leave a Reply