Pentingnya Mengkhatamkan Alquran Dan Doa Khatam Alquran

Ketika seseorang mengkhatamkan Alquran, sudah membaca semua surah yang ada di dalamnya seperti surat Al Mu’minun, pasti ia akan membaca doa khatam Alquran. Doa sendiri memiliki arti meminta, memohon, menyerahkan segala sesuatunya pada Tuhan. Berdoa menjadi sebuah amalan yang penting dan juga bernilai ibadah. Bahkan dalam sebuah hadits disebutkan bila Tuhan sangat senang apabila ada hambaNya yang terus berdoa padaNya. Sedangkan khatam memiliki arti selesai, sudah menyelesaikan apa yang dibaca.

Alquran merupakan kitab yang diturunkan Tuhan kepada Nabi Muhammad SAW dan menjadi wahyu untuk beliau untuk menjadikan Alquran sebagai kitab suci umat muslim sekaligus menjadi pedoman hidup seluruh umat. Quran sendiri memiliki arti bacaan, sebuah bacaan yang keluar dari mulut beruba bacaan ayat-ayat suci. Kalau Alquran yang selama ini anda ketahui disebut sebagai mushaf, yaitu kitab yang tersusun atas banyak lembaran. Jadi Quran dan mushaf adalah hal yang sama dan ketika anda menyelesaikan membaca Alquran, maka anda membuat permohonan kepada Tuhan karena telah menyelesaikan Alquran sebanyak 30 juz, dengan begitu Tuhan akan memberikan keistiqomahan kepada umatNya.

pixabay.com

Pentingnya Mengkhatamkan Alquran

Membaca ayat-ayat suci Alquran adalah anjuran dari Nabi Muhammad SAW. Banyak sekali keutamaan yang bisa anda dapatkan dengan membaca Alquran. Jadi semakin banyak ayat suci dalam Alquran yang anda baca, maka semakin banyak pula pahala dan juga fadhillah yang anda dapatkan. Bahkan bisa dikatakan bahwa membaca, memahami dan mengamalkan apa yang sudah anda baca di Alquran menjadi sebuah perintah dan wajib dilakukan. Semua hal yang terkait dengan amal ibadah, kewajiban, hal-hal yang sunnah, halal maupun haram ada di dalam Alquran. Agar anda bisa mengetahui apa saja perintah Tuhan dan apa laranganNya, anda harus membaca Alquran dan memahaminya, kemudian melakukan perintahNya seperti yang tertulis di dalam Alquran. Tanpa membaca, memahami dan mengamalkannya, anda tidak akan bisa memahami islam secara keseluruhan.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda dalam sebuah hadits mengenai keutamaan dalam mengkhatamkan Alquran. Disebutkan bahwa orang-orang yang mengkhatamkan Alquran akan dicintai oleh Tuhan. Dari Ibnu Abbas AS, beliau mengatakan bahwa ada seseorang yang bertanya pada Nabi Muhammad SAW mengenai amalan apa yang paling dicintai oleh Tuhan. Nabi Muhammad SAW menjawab bahwa orang-orang yang membaca Alquran dari awal hingga akhir dan setiap kali selesai ia akan mengulanginya dari awal.

Dari hadits tersebut anda bisa tahu bahwa penting sekali untuk mengkhatamkan Alquran setidaknya satu kali. Setelah itu membaca doa khatam Alquran setiap kali selesai mengkhatamkan Alquran. Semua orang bisa membaca Alquran dan mengkhatamkannya, tidak ada aturan yang menyebutkan bahwa hanya orang sholeh, seorang hafidz yang hanya boleh mengkhatamkan Alquran. Malah sangat dianjurkan seluruh umat untuk mengkhatamkan Alquran.

pixabay.com

Doa Khatam Alquran

Setelah mengkhatamkan Alquran, jangan lupa untuk membaca doa. Ada doa khusus yang dianjurkan untuk dibaca setiap kali anda selesai membaca Alquran dari awal hingga akhir, dari juz 1 hingga juz 30. Berikut adalah doa khatam Alquran dalam bahasa latin: Allahummarhamnaa bil qur’an, waj’alhu lanaa imaaman wa nuuron wa huuudan wa rohmah, Allahumma dzakkirnaa minhu maa nasiina, Wa a’llimnaa minhu maa jahilnaa, warzuqnaa tilaawatahu aanaa-al laili wa athroofan nahaar, waj’alhu lanaa hujjatan yaa Robbal aalamien.

Akan lebih baik lagi ketika anda sudah membaca doa, anda juga mengerti artinya. Dengan begitu ketika membaca doa tersebut, anda bisa menghayati doa dengan lebih baik, bisa masuk hingga ke hati, jadi tidak sekedar membaca dan juga menghafalkannya saja dengan lisan. Nah, berikut adalah arti dari doa yang telah disebutkan di atas:  Ya Allah curahkanlah rahmat kepada kami dengan Alquran, dan jadikan lah Alquran tersebut sebagai imam, cahaya, dan rahmat bagi kami. Ya Allah peringatkanlah kami dari hal-hal yang kami lupa dari Alquran. Dan ajarilah kami dari isi ayat-ayat Alquran yang kami tidak ketahui. Dan limpahkan kepada kami nikmat membaca Alquran agar bisa membaca sepanjang waktu malam. Dan jadikan lah Alquran untuk kami sebagai pembelaan wahai pemelihara semesta alam.

unsplash.com

Dari doa tersebut, tersirat makna yang dalam. Setidaknya ada beberapa poin penting yang harus digaris bawahi ketika anda membaca doa tersebut. Secara garis besar, maksud dari doa tersebut adalah agar Tuhan senantiasa memberikan petunjuk dan juga keistiqomahan ketika membaca Alquran. Diberikan keisitiqomahan ketika membaca Alquran maupun ketika mengamalkan isi Alquran. Dan nantinya berharap Alquran menjadi hujjah atau pembelaan, menjadi penolong bagi orang-orang yang membaca Alquran ketika di dunia.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda dalam Riyadhussholihiin untuk membaca Alquran karena ketika hari kiamat telah tiba, Alquran akan menjadi penolong bagi orang-orang yang membacanya. Orang-orang yang terus membaca Alquran selama hidupnya, ia akan mendapatkan kebarokahan dan juga mendapatkan hati serta jiwa yang tentram. Oleh sebab itulah mari membaca Alquran setiap hari, dimulai dengan membaca satu ayat per hari hingga satu juz per harinya sehingga anda bisa mengkhatamkan Alquran lebih sering. Selalu basahi bibir anda dengan melantunkan ayat-ayat suci Alquran.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *