Tips Diet Air Putih yang Aman

Diet ari putih menjadi salah satu cara menurunkan berat badan yang sangat populer. Sayangnya diet menggunakan air putih tidak selalu aman bagi kesehatan. Bukannya berat badan yang menurun, bisa jadi daya tahan tubuh yang semakin menurun.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapat khasiat yang maksimal dari diet air putih. Hal ini disebabkan saat melakukan diet menggunakan air putih, maka yang dikonsumsi hanya air putih saja. Pada artikel ini akan dibahas mengenai beberapa tips yang perlu dilakukan saat menjalankan diet jenis ini.

Tips Diet Air Putih

Minum Air Putih Sebelum Makan

Salah satu trik yang bisa dilakukan untuk menjalankan diet air putih adalah dengan minum minimal segelas air putih sebelum makan. Cara ini cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Hal itu karena dengan meminum air sebelum maka rasa lapar akan berkurang dan makanan yang dikonsumsi jauh lebih sedikit.

Kalori yang diserap oleh tubuh semakin sedikit. Apabila dilakukan secara rutin cara ini bisa mengurangi berat badat hingga 1 kilogram per harinya. Selain mudah, cara ini juga tidak mengeluarkan banyak biaya serta risikonya pun jauh lebih sedikit dibanding diet jenis lainnya.

pixabay.com

Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Mayoritas orang akan merasa lapar tepat setelah bangun tidur di pagi hari. Hal ini terjadi karena pada malam hari proses metabolisme dalam tubuh akan bekerja. Nutrisi pada makanan dan minuman pun akan terserap oleh tubuh sepanjang malam.

Cara yang bisa digunakan untuk menghindari perut yang lapar di pagi hari adalah dengan mengkonsumsi dua gelas air putih tepat setelah bangun. Air putih akan membuat perut terisi dan menjadi kenyang. Selain itu, mengkonsumsi air putih di pagi hari juga baik untuk organ tubuh, khusunya ginjal dan usus.

Meredakan Lapar dengan Air Putih

Rasa lapar sering datang tiba-tiba meski telah makan. Hal ini sering membuat beberapa orang menambahkan cemilan tepat setalah makan. Kebiasaan tersebut tentunya akan membuat asupan kalori dalam tubuh melebihi batas.

Cara untuk menghindari hal tersebut adalah dengan minum air putih. Mengkonsumsi air putih terbukti efektif untuk meredakan rasa lapar. Selain lebih sehat, asupan kalori dan karbohidrat yang masuk dalam tubuh juga bisa dikurangi.

Mengkonsumsi 3 Liter Air Putis Setiap Hari

Salah satu cara menjalankan diet air putih, yaitu dengan mengkonsumsi air putih tanpa makanan dan minuman lainnya. Cara ini sedikit berisiko apabila dilakukan dengan cara yang tidak tepat. Mengkonsumsi minimal 3 liter air saat menjalankan diet ini sangat disarankan.

Air akan membantu meredakan rasa lapar akibat tidak mengkonsumsi makanan. Agar terhindar dari risiko kekurangan gizi dan nutrisi, cara ini hanya boleh dilakukan maksimal selama tiga hari. Bagaimanapun air putih tidak bisa menggantikan nutrisi pada makanan.

pxhere.com

Hindari Minuman dalam Kemasan

Banyak orang yang sering kali gagal saat menjalankan diet ini. Hal ini karena mereka tidak hanya mengkonsumsi air putih, tetapi juga air minuman kemasan. Air kemasan yang dimaksud bukanlah air mineral, akan tetapi air minuman yang memiliki berbagai rasa.

Saat ini sudah banyak merek minuman yang menyediakan berbagai varian dan mengklaim memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Sayangnya penggunaan pengawet dan pemanis buatan dalam air kemasan jauh lebih tinggi dari vitamin yang disebutkannya.

Selain berbahaya bagi tubuh, juga dapat mengurangi risiko pencemaran lingkungan akibat botol platik. Jadi salah satu cara menanggulanginya tidak hanya dengan jual botol plastik bekas yang telah didaur ulang, tetapi juga dengan menjalani diet.

pxhere.com

Konsisten dalam Menjalankan Diet                                                              

Program diet menggunakan air putih harus konsisten dilakukan. Tak jarang orang yang melakukan diet tidak melanjutkan kebiasaanya karena merasa berat badan telah menurun. Kebisaan seperti dapat membuat diet yang dilakukan menjadi tidak berguna.

Selain sebagai metode untuk menurunkan berat badan, diet air putih juga dapat menjadi kebiasaan yang baik bila dilakukan terus-menerus. Mengkonsumsi air putih sangat baik untuk metabolisme tubuh. Tidak hanya menurunkan berat badan, mengkonsumsi air putih juga dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan saat menjalani diet air putih. Jika diet dijalani tanpa mengkonsumsi makanan hendaknya tambahkan asupan air putih setiap harinya. Hal itu untuk menghindari risiko berbahaya yang justru dapat menganggu kesehatan. Hingga saat ini diet ini terbukti efektif untuk menjaga berat badan tetap ideal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *