Yuk Ketahui Tips Memilih Desain Undangan Tepat

Dikatakan sebagai cerminan atas pesta pernikahan, memilih desain undangan tepat perlu dilakukan. Tak hanya berfungsi sebagai ajakan semata, namun terdapat makna tersirat agar mereka yang mendapatkannya hadir di hari spesial tersebut. Berisikan beberapa informasi jelas, mempermudah tamu undangan untuk hadir dalam acara. Agar tidak salah pilih, berikut sedikit tips memilihnya dengan tepat.

Tips Mudah Memilih Desain Untuk Undangan Pernikahan

  1. Mencari Referensi

Sebuah undangan begitu penting dipikirkan, ketika ingin mengundang sejumlah kerabat terdekat beserta keluarga untuk hadir di hari berbahagia. Untuk bisa melakukanya, anda tidak bisa memilih sembarang desain bagi pernikahan. Diperlukan setidaknya beberapa referensi, agar desain yang dihasilkan sesuai keinginan. Tidak ada calon pengantin yang ingin acara terkendala, hanya karena desain yang bermasalah.

Kemajuan teknologi, nampaknya berdampak baik bagi perkembangan desain khusus undangan pernikahan. Banyaknya referensi mudah didapatkan, agar tampilannya terlihat unik nan menarik. Anda bisa mencari referensi tersebut dari majalah, pameran wedding, internet, hingga kerabat terdekat. Mendapatkan referensi sebanyak mungkin, desain pun didapatkan sesuai impian. Jangan lupa menyesuaikan dengan budget, agar tidak melebihi dari yang diperkirakan.

pxhere.com

Akan semakin mudah, bila anda memiliki keahlian dalam desain mendesain. Selain menghemat dana lebih banyak, anda juga bisa memilih desain undangan sesuai dengan keinginan. Hanya dengan mencari berberapa referensi saja, sudah terfikirkan desain yang tepat sesuai dengan konsep pernikahan. Tidak harus sesuai dengan referensi, tak ada salahnya untuk mendesain sesuai dengan kreatifitas yang dimiliki.

Tampilan undangan terasa beda nan terlihat unik, bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi tamu undangan. Tidak ada salahnya mencoba desain unik, asalkan informasi di dalamnya terlihat jelas dan komunikatif. Justru desain unik tersebut, akan membekas di hati para penerima tamu agar tidak lupa menghadiri acara pernikahan anda. Namun dianjurkan untuk tidak berlebihan ketika mendesainnya, agar informasi yang disampaikan tidak bergeser kemana mana.

Lalu bagaimana jika tidak memiliki keahlian tersebut ? Cobalah untuk mencari referensi mengenai jasa penyedia desain khusus undangan pernikahan, untuk hasil yang maksimal. Ada kelebihan dan kekurangan, ketika anda memutuskan untuk menggunakan jasa tersebut. Apabila desain tidak sesuai dengan keinginan, ada baiknya untuk menyampaikannya dengan baik nan sopan. Terjalinnya komunikasi antar keduanya, memudakan hasil desain yang diharapkan.

pxhere.com

  1. Sesuaikan Dengan Konsep Pernikahan

Tidak boleh dibuat sembarangan, ada baiknya memilih desain undangan denganĀ  menyesuaikan konsep pernikahan. Penting dilakukan, lantaran dari undangan saja para tamu bisa mengetahui cerminan acara yang akan didatanginya. Akan terasa kurang tepat, bila undangan terkesan ekslusif jika digunakan pada pesta sederhana dan begitu pula sebaliknya. Ketidakselaran ini, akan menimbulkan sebuah pertanyaan besar dari para tamu yang hadir nantinya.

Dari banyaknya model yang ditawarkan, pastikan untuk memperhatikannya dengan detail. Mulai dari penggunaan bentuk, warna, hingga font kata yang digunakan. Jangan lupa untuk memberikan informasi secara detail, agar memudahkan para tamu mengetahui siapa yang akan menikah hingga memudahkan menemukan tempat diselenggarakannya acara. Namun dibalik pentingnya desain bagi acara nikahan, anda perlu memikirkan hal lain sebelum membuatnya.

Hal lain tersebut berkaitan dengan jumlah tamu beserta namanya, yang akan berpartisipasi memeriahkan acara. Hanya dengan mengundang beberapa kerabat terdekat, acara anda akan berlangsung hikmad. Jangan lupa untuk memberikan undangan spesial, bagi anggota keluarga anda beserta calon pasangan halal anda. Anda bisa memangkas jumlah undangan, dengan membaginya dalam beberapa kategori.

  1. Konsultasikan Hasil Desain

Ketika memilih desain undangan usai dilakukan, cobalah untuk konsultasikan kepada pasangan. Menjadi bagian penting dari rangkaian acara pernikahan, melibatkan opini pasangan sangat diperlukan. Hal ini dilakukan, agar hasil desain sesuai dengan kedua calon mempelai inginkan. Meminta pendapat pasangan, diharapkan mampu menghasilkan kesepakatan desain yang terbaik bagi mereka.

Apabila anda menggunakan jasa desain, ada baiknya juga mengkonsultasikannya kepada keluarga besar. Jika memungkinkan, mintalah pendapat dari pihak calon mempelai pria maupun calon mempelai wanita. Hal tersebut dilakukan, agar tidak ada kesalahan komunikasi untuk menghasilkan sebuah kesepakatan. Mulai dari bentuk, ukuran, hingga penggunaan font perlunya untuk disepakati bersama.

pxhere.com

  1. Lampirkan Gambar Berupa Peta

Apakah anda menyadari bila, di sebuah undangan kadangkala terselip sebuah peta ? Bertujuan memudahkan para undangan menuju tempat lokasi, desain peta tersebut juga tidak luput untuk diperhitungkan. Terutama ketika acara dilakukan di luar rumah, akan menyulitkan jika para tamu tidak mengetahui secara jelas lokasi pernikahan berlangsung. Tidak hanya untuk masyarakat sekitar, adanya peta akan sangat membantu bagi tamu yang berasal dari luar kota.

Semakin jelas letak denah yang diberikan, para tamu tidak perlu kesusahan untuk menemukan lokasi acara. Pentingnya memilih desain undangan, dengan adanya tambahan penambahan simbol akan semakin memudahkan tamu menuju lokasi yang dimaksudkan. Tak hanya menunjukkan gambar secara umum, tidak ada salahnya menambahkan alamat beserta nama jalan di sekitar lokasi acara.

  1. Memilih Jenis Kertas

Agar tampilan undangan semakin menarik, cobalah untuk memperhatikan jenis kertas yang paling cocok digunakan. Semakin menyempurnakan penampilan, kertas terbaik mampu menampilkan corak desain yang ingin ditonjolkan. Cobalah untuk menyematkan pita berwarna senada, untuk menambah kesan elegan sekaligus cantik. Agar semakin jelas maksud undangan sebelum membukanya, tidak ada salahnya menambahkan lambang cinta seperti cincin dan sebagainya.

  1. Berikan Amplop Pada Tampilan Luar

Tidak lupa memberikan penghormatan kepada para tamu undangan, anda bisa menggunakan amplop sebagai alternatif terbaik. Dengan memberikan nama kepada penerima undangan, akan memperjelas ditujukan kepada siapa undangan tersebut. Jangan lupa untuk memberikan warna yang tidak berlebihan, agar pesan yang disampaikan tepat sasaran. Cobalah untuk memberikan warna emas pada amplop, untuk menampilkan kesan keberuntungan.

  1. Mencari Tempat Percetakan Terbaik

Apabila usai memilih desain undangan, kini saatnya untuk berburu tempat percetakan undangan terbaik. Jika memungkinkan, carilah penerima jasa percetakan dengan reputasi baik di mata masyarakat. Agar lebih mudahnya, silahkan mencari rekomendasi dari kerabat terdekat yang pernah menggunakan jasa tersebut. Selain itu, anda bisa mencarinya di internet berdasarkan lokasi terdekat dengan tempat anda.

Memilih sebuah desain khusus undangan pernikahan, perlu dipersiapkan dengan matang. Ada baiknya memberikan informasi jelas nan tepat, untuk memudahkan para tamu menemukan lokasi acara berlangsung. Agar lebih jelas, anda bisa menambahkan peta yang dilengkapi dengan berbagai tambahan informasi. Saat proses pembuatan desain, ada baiknya untuk meminta saran dari pasangan, agar sesuai dengan keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *