Contoh Peluang Usaha Yang Bisa Dimulai Dari Modal Kecil

Memiliki usaha sendiri memang bisa menghasilkan keuntungan berlimpah, terutama ketika membuka usaha di bidang peternakan. Contoh peluang usaha  satu ini , bisa dianggap tidak akan pernah mati dimakan jaman. Alasannya adalah, manusia masih membutuhkan hewan ternak bisa dijadikan sebagai berbagai olahan kuliner untuk memenuhi kebutuhan manusia. Usaha peternakan bisa dikatakan sebagai usaha yang berpotensi terus berkembang, berikut contohnya.

Beberapa Jensi Usaha Ternak Dengan Laba Tinggi

Ternak Ikan Lele

Ikan lele sangat dikenal memilki daging dengan cita rasa unik dan banyak digemari sebagian masyarakat. Bahkan ikan berkumis satu ini, sudah menjadi hidangan yang berada di beberapa resto besar Indonesia. Mencari kuliner dari olahan ikan lele pun cukup mudah ditemui, sebab warung kaki lima banyak menjajakannya menjadi kuliner lalapan dengan rasa yang tidak bisa ditolak lagi. Sehingga tidak jarang para pemilik usaha memilih ternak lele untuk menghasilkan keuntunan.

Memelihara ikan berkumis ini cukup mudah, karena mereka bisa hidup walaupun berada di lingkungan yang sedikti kotor dan berlumur. Daya tahan tinggi dari lele memang sudah teruji oleh praa ahli. Agar ikan tetap sehat dan memiliki kualitas super, tentu perlu adanya perawatan khusus. Selain peminat pasar yang tinggi, membudidayakan hewan satu ini dirasa cukup menguntungkan karena cepat panen.

Masa panen dari lele sendiri, berkisar hingga 3 bulan saja. Namun masa panen lele setiap peternak bisa berbeda, lantaran tergantung dari rutin tidaknya peternak memberikan pakan pada si ikan berkumis. Agar lele cpeat tumbuh sehat dan cepat besar, bisa diberikan pakan pelet terbaik, pelihara denga cara yang tepat, dan jangan lupa untuk membersihkan kolam ikan tersebut. Contoh peluang usaha satu ni, bisa dijadikan alternatif terbaik untuk memulai usaha baru.

Memiliki lahan terbatas, tidak menjadikannya alasan untuk beternak lele. Sebab, mereka tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas. Pembuatan kolam lele pun bisa dilakukan dengan cara sederhana, yaitu membuatnya dari plastik atau terpal. Kemudahan memelihara lele, menjadikannya banyak diincar pebisnis baru yang ingin mendapatkan keuntungan lebih. Terutama jika pebisnis mampu mempertahankan kualitas lele, kemungkinan usaha meningkat semakin tinggi.

pxhere.com

Ternak Burung Love Bird

Pada golongan pecinta burung hias, love bord tengah tren untuk dibudidayakan. Karena burung hias saat ini, memiliki warna khas nan menawan walaupun dilihat sekilas ataupun dari kejauhan. Walaupun love bird bukanlah burung hias asli dari Indonesia, namun keberadaannya sangat diminati masyarakat. Tidak hanya mengagumi warna bulu pada love bird, suara yang dimilikinya juga bisa memikat orang untuk memeliharanya.

Alasan tingginya minat masyarakat membudidayakan burung hias satu ini, adalah karena mereka berkembang biak cukup cepat. Untuk sepasang burung love bird saja, sudah bisa menghasilkan beberapa anakan burung hias menawan. Belum lagi jika anakan burung yang dihasilkan, memiliki perpaduan warna yang indah. Alasan inilah yang  bisa dijadikan contoh peluang usaha terbaik untuk dicoba.

Satu ekor urung love bird yang telah berumur 2 atau 4 mingguan saja, bisa dibandrol dengan harga satu juta rupiah. Itu masih jenis love bird biasa, belum dilihat dari kualitas yang dimiliki dari burung tersebut. Menjual 4 ekor setiap harinya, anda sudah mendapatkan keuntungan hingga jutaan rupiah. Terutama jika mampu membudidayakan burung satu ini dengan kualitas terbaik, maka keuntugan akan berlipat ganda.

pxhere.com

 

Ternak Hewan Belut

Bagi anda yang tinggal di pedesaan ketika muda, tentu mudah untuk mendapatkan atau menemui ikan licin satu ini dengan mudah. Namun seiring berjalannya waktu, belut sawah semakin jarang ditemukan, karena habitat aslinya semakin berkurang dan berganti dengan daerah pemukiman warga ataupun daerah pertokoan. Padahal, ikan satu ini memiliki nilai gizi tinggi dan rasa dagingnya gurih tidak bisa ditolak para pecintanya.

Jumlahnya yang semakin berkurang namun permintaan pasar masih tinggi, menjadikannya sebagi contoh peluang usaha yang tidak boleh dilewatkan. Terlebih untuk memulai beternak hewan licin satu ini, cukup mudah dan hanya membutuhkan modal yang tidak terlalu banyak.  Dengan bermodalkan dana sedikit, namun anda bisa merasakan keuntungan berlipat. Sehingga, adna tidak perlu khawatir untuk masalah modal awal memulai usaha ini.

Salah satu alasan lainnya kenapa ternak belut bisa menjadi piihan tepat, adalah proses perawatannya cukup mudah dan tidak memerlukan biaya yang tidak terlalu besar. Walaupun perawatannya dikenal cukup mudah, namun anda tetap perlu untuk memperhatikan kualitras air pada kolam ikan. ketika kualitas air tetap terjaga, maka ikan dapat tumbuh dengan baik dan cepat besar.

Ternak Burung Puyuh

Burung puyuh yang bentuknya mirip dengan anak ayam ini, ternyata bisa menjadi pilihan alternatif untuk memulai beternak dengan modal rendah. Meskipun memiliki bentuk tubuh mungil, namun nilai gizinya diperlukan oleh tubuh. Tidak hanya itu saja, daging burung puyuh bisa dijadikan berbagai olahan kuliner dengan rasa yang tidak kalah sedap seperti daging ayam. Daging burung puyuh banyak digermari, karena memiliki rasa gurih yang khas.

Tingginya peminat, dapat dimanfaatkan sebagai contoh peluang usaha yang menjanjikan. Tidak hanya dagingnya saja yang bisa dimanfaatkan, namun juga telurmnya. Cita rasa dari telur burung piuyuh, dikenal lezat yang tidak kalah seperti telur ayam kampung. Karena rasanya yang khas, membuatnya banyak dicari oleh masyarakat.

pxhere.com

Ternak Hewan Bebek

Selain daging ayam yang terkenal dengan kelezatannya, daging bebek juga tidak kalah populer bagi para pecinta kuliner nusantara. Kelezatannya sudah terdengar hingga restoran ternama, dan ada beberapa restoran yang mengandalkan daging bebek sebagai sajian utama. Banyaknya permintaan pasar yang semakin tinggi, bisa dijadikan sebagai usaha yang menjanjikan untuk dicoba.

Disarankan untuk membeli bibt bebek yang telah berumur 1 hingga 2 mingguan. Untuk komposisi pembudidayaan, ada baiknya lebih banyak betina daripada bebek jantan. Ketika memelihara mulai beranjak dewasa, anda bisa membudidayakannya hingga menghasilkan anakan. Sehingga ketika bertelur, bisa menghasilkan lebih banyak telur setiap harinya. Contoh peluang usaha ini, bisa dijadikan sebagai referensi terbaik.

Memiliki usaha di bidang peternakan, merupakan betuk usaha yang dirasa bisa bertahan lama. Sebab, kebutuhan akan hewan ternak selalu dibutuhkan setiap harinya. Selain karena selalu dibutuhkan, beternak dianggap menjadi jenis usaha yang tidak akan pernah mati hingga ke depannya. Tidak hanya dagingnya saja, ketika hewan ternak bertelur, merek bisa dimanfaatkan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *