Inilah Cara Transfer Pulsa IM3 yang Mudah Dilakukan

Indosat merupakan salah satu operator seluler besar dan terkemuka yang sudah lama dikenal masyarakat. Produk dari Indosat yang berupa kartu prabayar adalah Mentari Ooredo dan IM3 Ooredo. Keduanya adalah kartu seluler yang dalam pemakaiannya membutuhkan pengisian ulang pulsa dalam jumlah denominasi tertentu. Nominal pulsa tersebut akan mempengaruhi berapa lama masa aktifnya.

Pembelian atau pengisian ulang pulsa baik Mentari maupun IM3 bisa dilakukan dimanapun dengan banyak cara. Anda bisa melakukan isi ulang dengan datang ke konter atau agen pulsa murah. Cara yang lainnya untuk isi pulsa adalah dengan menggunakan layanan perbankan seperti e-banking atau SMS banking. Untuk masing-masing metode mungkin akan dikenakan biaya yang berbeda.

Tetapi ada cara lain juga yang melibatkan teman atau keluarga dalam pengisian ulang yaitu dengan transfer pulsa. Ini biasanya terjadi jika dalam kondisi mendesak pulsa habis sedangkan kita harus melakukan komunikasi seluler. Sebagai provider yang sudah cukup lama berkiprah tentunya Indosat juga menyediakan layanan tersebut untuk membantu pelanggannya.

Transfer pulsa bisa dilakukan baik oleh pelanggan Mentari maupun IM3. Inilah cara yang bisa dilakukan kalau ingin membagi pulsa dengan teman, keluarga, kerabat dan lainnya.

Cara dan Aturan Transfer Pulsa IM3

Transfer Pulsa Lewat SMS

Cara transfer pulsa pengguna kartu IM3 yang pertama adalah melalui pesan singkat atau biasa kita sebut dengan SMS. Caranya juga hampir sama dengan saat kita akan mengirimkan SMS biasa hanya saja ada format tertentu yang harus diikuti. Format SMS untuk keperluan transfer pulsa pengguna kartu IM3 adalah sebagai berikut :

  • – Ketik “Transferpulsa” (spasi) no tujuan (spasi) nominal pulsa yang akan dikirimkan.
  • – Setelah selesai menulis pesan sesuai format lalu kirimkan ke 151.

Contoh : Transferpulsa 085678699009 10.000 kirim ke 151.

  • – Tunggu SMS balasan yang berupa konfirmasi pengiriman.
  • – Lakukan konfirmasi dengan ketik “OK”lalu masukkan kode TOKEN yang diberikan, kirim ke 151.

Contoh : OK 4321 kirim ke 151.

  • – Tunggu hingga ada notifikasi bahwa pengiriman pulsa telah sukses dilakukan.
  • – Proses transfer pulsa selesai.

Transfer Pulsa Lewat UMB

Cara transfer pulsa yang kedua adalah lewat UMB yang bisa dilakukan untuk kartu prabayar yaitu Mentari dan IM3 juga pada kartu pascabayar atau Matrix. Hanya saja format pada nomor panggilan ada sedikit perbedaan untuk kartu prabayar dan untuk pascabayar.

Format transfer pulsa untuk kartu Indosat prabayar yaitu Mentari dan IM3 adalah :

  • – Lakukan panggilan pada nomor *123*7*2*3*1#
  • – Ikuti petunjuk selanjutnya untuk mengirim pulsa pada nomor lain.

Format transfer pulsa untuk kartu Indosat pascabayar atau Matrix adalah :

  • – Lakukan panggilan pada nomor *123*7*1*6*1#
  • – Ikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk.

Selain cara mengikuti cara di atas masih ada beberapa catatan penting yang harus diketahui agar transfer pulsa bisa berjalan lancar. Inilah beberapa catatan penting lainnya mengenai transfer pulsa dari Indosat termasuk untuk kartu IM3.

Catatan Lain untuk Transfer Pulsa

Masa Aktif Kartu

Transfer pulsa tidak akan mempengaruhi atau merubah masa aktif dari kartu pengirim tetapi bisa menambah masa aktif dari penerima. Lamanya masa aktif yang ditambahkan akibat transfer pulsa adalah masa aktif terlama dari kartu dengan batasa maksimal 45 hari.

Sedangkan untuk bisa melakukan pengiriman pulsa pada nomor lain ada syarat masa aktif minimal yang harus dipenuhi oleh pengirim. Masa aktif kartu pengirim pulsa minimal adalah 180 hari sejak diaktifkan. Transfer pulsa bisa dilakukan mulai hari ke 181 sejak pengaktifan kartu IM3.

Syarat dan Ketentuan Pengiriman Pulsa

Adapun persyaratan dan ketentuan yang harus diketahui sebelum melakukan transfer pulsa antara lain adalah :

  • – Untuk transfer pulsa pada kartu prabayar termasuk IM3 baik pengirim ataupun penerima harus berada pada masa aktif.
  • – Masa aktif yang ditambahkan kepada penerima tidak akan mengurangi masa aktif dari pengirim.
  • – Masa aktif yang ditambahkan kepada penerima tidak akumulatif melainkan menggunakan masa aktif terpanjang dengan maksimal 45 hari.
  • – Penerima juga akan mendapatkan tambahan masa tenggang selama 30 hari.
  • – Pulsa pengirim setelah melakukan transaksi transfer minimal harus sebanyak Rp. 5 ribu termasuk setelah dipotong biaya kirim.
  • – Biaya pengiriman pulsa setiap transaksi adalah Rp. 600.
  • – Jumlah pulsa yang diterima dari transfer oleh nomor lain akan ditambahkan pada pulsa utama sehingga tidak akan hangus karena perpindahan paket.

Itulah aturan dan cara transfer pulsa IM3 yang bisa Anda coba.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *