Cara Menggunakan Mesin Potong Rumput dengan Aman

Menggunakan mesin pemotong rumput tidak membutuhkan keahlian khusus selama anda membaca panduannya dengan benar. Dengan bantuan mesin, perawatan rumput akan lebih mudah dan cepat. Prosedur penggunaannya dapat disesuaikan dengan tipe mesin yang anda miliki.

Cara Mudah Mengoperasikan Mesin Potong Rumput

Anda harus memperhatikan cara yang benar untuk mengoperasikan mesin potong rumput. Terkesan sederhana, namun jika tidak tepat, itu dapat membahayakan. Berikut cara yang dapat anda lakukan untuk menggunakan mesin potong rumput.

  1. Hidupkan Mesin

Langkah awal adalah menghidupkan mesin dengan membuka katup bahan bakar. Anda harus memahami dengan baik tombol berhenti dan tuas gas.

  1. Atur Kecepatan

Posisi tuas terdapat menjadi tiga yaitu start, kecepatan penuh, dan stop. Anda dapat mengaturnya sesuai dengan kebutuhan. Gunakan mesin dengan rangka pendukung diatas permukaan tanah.

  1. Periksa Sambungan

Anda harus selalu memeriksa sambungan konektor pada kabel hubung dan kabel tidak boleh dalam keadaan rusak. Ketika rusak, maka akan berdampak pada mesin tidak dapat dimatikan.

  1. Mematikan Mesin

Setelah digunakan, selalu matikan mesin dengan menekan tombol berhenti. Tutup katup bahan bakar untuk keamanan.

Perawatan Mesin Potong Rumput

Selain menggunakan, anda juga harus dapat melakukan perawatan mesin potong rumput dengan baik. Perawatan akan membantu mesin agar tetap dalam konidisi bagus dan awet. Berikut beberapa tips untuk merawat mesin potong rumput.

  • Ganti oli atau pelumas dan bensin secara rutin
  • Panaskan mesin terlebih dahulu sebelum dipakai untuk mencegah kemacetan
  • Ganti saringan udara secara berkala
  • Gunakan busi yang sesuai dengan mesin dan pilih yang berkualitas baik untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama
  • Perhatikan senar mesin dan ganti secara berkala
  • Pilih pisau pemotong standar yang sesuai dengan spesifikasi
  • Hindari bensin dengan campuran air

Mesin potong rumput dapat digunakan dengan mudah tergantung pada jenisnya. Baiknya anda membaca dengan baik manual book dari mesin saat anda membelinya. Ketika terdapat kendala, baiknya segera konsultasikan agar tidak terjadi masalah yang serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *