Cara Membuat Video Di Komputer Yang Berisi Slide Foto

Tidak sulit untuk mempraktikkan cara membuat video di komputer. Seseorang yang belum berpengalaman saja bisa melakukannya. Bahkan, hasil video yang ditampilkan juga sangat memuaskan.

Untuk membuatnya, Anda perlu dukungan dari sebuah aplikasi. Aplikasi ini menjadi andalan utama dalam menciptakan sebuah video berkelas. Contohnya ialah video yang berisi tentang slide puluhan foto Anda.

Slide foto yang diubah menjadi video ini bisa disisipi dengan audio ataupun lagu. Nah, bagaimana Anda melakukannya? Mari simak caranya di bawah ini.

Aplikasi Pembuat Video di PC

Sudah menjadi kebutuhan utama jika aplikasi ini harus Anda sediakan terlebih dahulu. Aplikasi tersebut nantinya akan membantu dalam pemprosesan data. Maksudnya, Anda bisa menciptakan sebuah video dengan hasil yang memuaskan.

Aplikasi pembuat video di PC ini telah bertebaran di internet. Jumlahnya ratusan buah. Baik aplikasi gratis maupun berbayar.

Anda perlu menentukan jenis aplikasi yang tepat. Setidaknya, komputer ini mampu menjalankan aplikasi dengan baik. Dengan kata lain, pemilihan aplikasi seharusnya sesuai dengan kemampuan komputer.

Komputer dengan spesifikasi tinggi jelas lebih bagus. Komputer ini bisa Anda pasangi berbagai jenis aplikasi. Meskipun aplikasinya tergolong berat, komputer tetap berjalan normal sehingga Anda tidak perlu menghapus aplikasi.

Berbeda jika spesifikasi komputer kurang bagus. Anda harus selektif dalam menentukan aplikasinya. Jika tidak, komputer akan lemot dan berisiko mengalami kerusakan akibat terlalu beratnya aplikasi.

Nah, aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat video adalah Freemake video Converter, Adobe Premier Pro, Lightworks, Corel Video Studio dan lain sebagainya. Jika Anda termasuk pemula, cukup gunakan Freemake. Tetapi bila Anda sudah mahir, Anda bisa manfaatkan aplikasi lain yang lebih lengkap. Contoh aplikasinya bisa dilihat di charis.

Kelebihan Aplikasi Freemake Video Converter

Bukan tanpa alasan kenapa kami menyarankan aplikasi Freemake ini. Alasannya tidak lepas dari kelebihan yang ditawarkan olehnya. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Cocok Untuk Pemula

Salah satu kelebihan dari aplikasi freemake adalah bisa dioperasikan oleh siapapun. Tidak terkecuali oleh pemula sekalipun.

Pengembang aplikasi berharap supaya siapapun bisa mewujudkan keinginan untuk membuat video sendiri. Bukan meminta bantuan jasa. Apalagi trend masa kini yang membuat sebagian orang butuh aplikasi pembuat video untuk dibagikan di internet.

  1. Tidak Butuh Komputer Spesifikasi Mewah

Anda tidak perlu khawatir jika penerapan cara membuat video di komputer ini membuat perangkat elektronik lemot. Pasalnya, aplikasi ini diciptakan dengan kapasitas kecil. Setidaknya, ukurannya hanya sekitar 27 Mega sehingga tidak membuat komputer terasa berat.

Ini berarti bahwa komputer dengan spesifikasi kecil pun bisa digunakan. Makanya, Anda tidak perlu repot-repot untuk menyediakan komputer baru yang lebih bagus kualitasnya.

  1. Gratis

Kelebihan lainnya ialah terdapat dalam versi gratis. Anda tidak perlu membeli aplikasi untuk sekedar memanfaatkannya. Cukup unduh aplikasinya, lantas pasang dan gunakan untuk membuat video.

Versi ini bisa sekalian digunakan untuk bahan pembelajaran. Ketika Anda mulai mahir dalam membuat video, barulah Anda berpindah ke versi berbayar. Atau, Anda bisa mencoba aplikasi lain dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

  1. Fiturnya Cukup Lengkap

Bicara mengenai fitur, Freemake video converter terbilang cukup lengkap. Anda bisa memasukkan sejumlah foto langsung ke dalamnya. Setelah itu, Anda isi dengan dengan audio yang diinginkan.

Cara Membuat Video dengan Freemake

Faktanya, cara membuat video di komputer dengan aplikasi freemake ini sangatlah mudah. Yang perlu Anda persiapkan hanyalah sebuah aplikasi yang terpasang dalam komputer. Kemudian, sediakan foto dan audio yang akan disatukan dalam bentuk video slide show.

Bagaimana cara Anda melakukannya? Berikut tahapannya untuk membuat video dengan aplikasi tersebut.

  • Buka aplikasi
  • Tekan menu foto pada halaman aplikasi
  • Temukan lokasi penyimpanan foto yang ada di dalam komputer
  • Pilih foto sesuka hati dan tekan open
  • Tekan audio untuk memasukkan lagu yang sudah Anda simpan dalam komputer
  • Tekan open jika Anda sudah menemukan lagu yang tepat
  • Edit kecepatan slide show sesuai keinginan
  • Periksa tampilan sebelum menyimpannya
  • Simpan sesuai format yang tersedia

Aplikasi ini bisa memudahkan Anda dalam mengedit tampilan video. Anda bisa mengurutkan posisi gambar. Tentunya dengan catatan bahwa Anda belum menyimpannya.

Demikianlah cara membuat video di komputer yang paling mudah untuk dipraktikkan. Meskipun Anda belum memiliki keterampilan dalam pembuatan video, Anda tetap bisa melakukannya. Yang terpenting, sediakan aplikasinya dan praktik langsung.