Cara Kompres File JPG

Upload file melalui web membutuhkan koneksi internet yang lancar dan stabil. Di Indonesia, seringkali koneksi tersebut terganggu oleh berbagai hal. Maka dari itu, apabila Anda perlu meng-upload suatu file secara online, pastikan ukuran filenya kecil agar proses uploadnya cepat dan tidak terlalu berat terhadap koneksi internetnya. Mengecilkan ukuran file bisa dengan cara dikompres. Nah, sekarang bagaimana cara kompres file JPG?

Kompres File JPG Lewat Online

Mengecilkan ukuran file JPG dapat dilakukan secara online sehingga Anda tidak perlu meng-install atau mendownload aplikasi-aplikasi lain lagi. Kemudahan untuk mengkompres file cukup dengan meng-upload file yang ingin Anda kompres melalui web-web tertentu. Cara memperbesar ukuran file JPG online juga sama mudahnya. Berikut adalah beberapa situs yang dapat digunakan untuk mengkompres file JPG Anda!

  • toolur.com

Merupakan kompresor file gambar online yang dapat mengkompres dan resize ukuran file JPG atau PNG Anda yang kemudian dapat disimpan di perangkat Anda. Tersedia image compression rate dan image dimensions yang berbeda untuk mengecilkan ukuran file secara signifikan. Pada situs ini, Anda dapat mengupload sampai 25 gambar, 30 MB per file, dan 50MP per gambar. Semua file yang diupload akan dihapus secara otomatis setelah 1 jam diupload.

pxhere.com

Kompresor gambar online ini dapat mengecilkan ukuran file JPG Anda dengan mengkompresi dan resizing file tersebut. Tersedia 7 metode kompresi yang berbeda, termasuk lossless dan lossy. Pada situs ini, Anda dapat mengupload beberapa file JPG sekaligus, atau sebanyak 20 gambar, 50MB per file. Semua file Anda kemudian akan dihapus secara otomatis setelah 1 jam.

  • JPEG-Optimizer.com

Merupakan tool online gratis yang dapat digunakan untuk mengganti ukuran dan kompres foto digital Anda. Kompresi yang rendah akan mendapatkan hasil ukuran file yang lebih kecil, akan tetapi kualitas gambar akan terpengaruh sehingga terjadi penurunan kualitas dan detil pada gambar tersebut.

pxhere.com

Kompres File JPG Lewat Ponsel

Ketika Anda butuh tool untuk mengkompres file JPG, maka Anda bisa memafaatkan smartphone Anda. Ya, lewat aplikasi kompres file yang ada di smartphone, Anda bisa mengecilkan ukuran JPG dengan mudah dan cepat. Misalnya jika Anda butuh foto yang sesuai dengan kriteria lamaran kerja, Anda tinggal memotret diri Anda sendiri, lalu mengkompresnya dengan aplikasi perubah ukuran file JPG ini.  Tak hanya memperkecil ukuran file JPG, Anda ‘pun dapat memperbesar ukurannya. Nah jika Anda ingin mengkompres file JPG lewat ponsel, coba deh cek beberapa aplikasi berikut ini!

  • PicTools

Jika Anda ingin mengkompres file JPG dengan mudah dan kualitasnya sangat bagus yaitu PicTools. User-interface aplikasi ini sangat simpel, sehingga tidak menyulitkan pengguna baru. Anda bisa mengkompres file JPG berukuran besar menjadi kecil tanpa merubah resolusi dan kualitasnya, keren bukan?

Jarak ukuran file mulai dari 3MB hingga 100kb, dimana hampir tidak ada perbedaan terkait resolusinya. Kerennya lagi, Anda bisa mengkompres file JPG hingga 25 file JPG! Selain itu PicTools juga memungkinkan Anda untuk merubah ukuran file dengan format dan ukuran yang lebih spesifik, misalnya inci dan A4. Alhasil, Anda bisa mencetaknya pada saat itu juga!

pxhere.com

  • Photozip

Aplikasi lain yang bisa Anda andalkan untuk mengkompres file JPG yaitu Photozip. Sesuai namanya, lewat aplikasi ini, Anda bisa mengkompres beberapa file lalu menyimpan semuanya dalam satu file ZIP. Selain itu, Anda ‘pun bisa mengkompres format file lain seperti PNG dengan output JPG. Aplikasi satu ini sangatlah komplit, salah satu fitur yang jarang Anda temukan pada aplikas lain yaitu watermark support. Ya, Anda bisa memberi watermark pada setiap output file JPG sehingga originalitasnya tetap terjaga.

Belum habis sampai disitu, Anda tidak akan menemukan iklan satu ‘pun yang muncul dalam aplikasi keren satu ini. Dengan berbagai poin plus tersebut, tak mengherankan jika kami memasukannya dalam daftar aplikasi kompres file JPG terbaik!

  • Photo Compress 2.0

Sesuai namanya, aplikasi Photo Compress 2.0 ini memang diciptakan untuk bisa mengkompres foto, baik itu JPG, PNG, atau format lain, tanpa menghilangkan kualitasnya. Tak hanya kompres file JPG, aplikasi satu ini juga menyediakan fitur crop dan resize.

Nah, sudah tahu kan cara mengkompres file JPG secara online? Mudah kan? Anda bisa memanfaatkan tool online atau tool smartphone untuk mengkompres file JPG. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *