Cara Belanja di Amazon Untuk Pemula dan Metode Pembayarannya

Kita pasti sudah mengenal beberapa jenis toko jual beli online di Indonesia. Mulai dari Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibi, dan lainnya yang tentu masih banyak lagi.

Dan jika kamu penggemar belanja online, kamu juga pasti sudah tahu dengan toko jual beli online yang sudah masuk pada level Internasional satu ini bukan?

Ya, Amazon. Amazon merupakan salah satu toko jual beli online yang dapat digunakan oleh semua orang, dari negara manapun. Kamu juga tentunya bisa banget belanja online melalui amazon. Karena Amazon ini adalah tempat jual beli online tingkat Internasional.

Amazon ini sekelas dengan Walmart, Alibaba, eBay, dan toko jual beli online Internasional lainnya. Amazon merupakan markertplace terlengkap.

Kamu bisa menemukan berbagai barang kebutuhan di mall berbasis internet ini, alias Amazon. Kamu tertarik dan ingin berbelanja di Amazon? Ini dia step-stepnya:

Sebelumnya, jika kamu pengguna pemula Amazon, kamu harus memiliki akun belanja di Amazon terlebih dahulu. Bagaimana caranya?

Cara Membuat Akun Amazon

Membuka Browser

Kunjungi alamat Amazon.com. Selanjutnya, kamu klik account and list yang berada pada bagian kanan atas, lalu pilih create your account.

Mengisi Identitas Diri

Jika langkah satu sudah selesai, selanjutnya kamu harus mengisi identitas diri sesuai yang diminta. Usahakan kamu mengisi dengan lengkap dan tidak menggunakan nama lain.

Memasukkan Nomor Kredit

Setelah kamu selesai melakukan pendaftaran, selanjutnya kamu kembali pada menu awal Amazon.com. Pilih Start Your 30-Days Free Trial lalu masukkan nomor kredit kamu. Jika sudah, lanjutkan dengan mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak Amazon.

Membayar Uang Pendaftaran

Ternyata untuk menjadi pelanggan Amazon tidak sekedar cuma-cuma lohh. Kamu harus membayar biaya langganan kepada Amazon sebesar Rp. 25.000 per bulan atau Rp 200.000 per tahun.

Cukup empat langkah di atas untuk mendaftar dan memiliki akun Amazon. Mudah bukan? dengan begitu kamu sudah memiliki akun Amazon Prime. Dan tentunya kamu akan puas belanja online di Amazon karena bebas ongkos kirim.

Sebelum belanja, sebaiknya kamu harus mengetahui dulu metode pembayaran di toko jual beli online sekelas Amazon ini.

Bagaimana Metode Pembayaran di Amazon?

Pada dasarnya, metode pembayaran di Amazon ini hanya ada empat pilihan saja, yaitu melalui kartu kredit, kartu debit, amazon payment code, dan silver card.

Untuk mendapatkan kode pembayaran, kamu bisa memperolehnya melalui kantor pos yang membuka layanan Western Union (WU), atau bisa juga di bank-bank. Sedangkan silver card merupakan kartu yang diberikan oleh pihak Amazon itu sendiri.

Jika kamu tidak memiliki kartu kredit, kamu juga bisa loh menggunakan metode lain selain tiga di atas. Penasaran? Alternatifnya kamu bisa menggunakan kartu hadiah. Berikut akan kami jelaskan cara mendapatkan kartu hadiahnya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kartu Hadiah?

Membeli Kartu Hadiah

Pertama-tama, kamu harus membeli kartu hadiah Amazon terlebih dahulu. Kartu hadiah ini bisa kamu peroleh melalui forum-forum besar, yang mana kamu bisa membayarnya dengan uang tunai.

Forum-forum besar tersebut seperti Ads.id, kaskus, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa memperolehnya melalui grup facebook loh.

Masuk ke Akun Amazon

Jika langkah satu selesai, selanjutnya kamu perlu masuk ke akun Amazon yang sudah kamu buat sebelumnya, lalu buka halaman akun Amazon kamu. Kemudian, pilih tombol Apply a Gift Card to Your Account yang tertera di Amazon Wallet pada akun kamu.

Memasukkan Kode

Langkah ketiga, masukkanlah kode yang tertulis pada bagian belakang kartu hadiah kamu. Klik Apply to Your Balance dan saldo akun Amazon akan bertambah sesuai dengan jumlah nilai kartu hadiah kamu.

Dengan begitu, kamu sudah bisa menggunakan kartu hadiah kamu untuk membayar barang belanja.

Setelah kamu memiliki akun Amazon Prime, sekarang waktunya untuk kamu berbelanja.

Cara Belanja di Amazon

Buka Aplikasi Amazon

Pertama-tama kamu harus membuka aplikasi Amazon pada android kesayangan kamu. Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman awal aplikasi Amazon ini.

Melakukan Pencarian dan Memilih Barang

Selanjutnya, lakukan pencarian terhadap barang yang akan kamu beli. Cukup ketik nama barang pada kolom pencarian yang tertera di atas. Setelah itu kamu akan dibawa pada halaman hasil pencarian barang yang baru saja kamu lakukan.

Melanjutkan Pembelian Barang

Jika kamu sudah menemukan barang yang akan kamu beli, selanjutnya klik tombol Add to Cart atau Buy. Kemudian pilih tombol chek out untuk melanjutkan pembelian barang belanjaan kamu.

Memilih Metode Pembayaran dan Menambahkan Alamat yang Dituju

Selanjutnya lakukanlah step mengisi alamat penerima. Cantumkan alamat lengkap yah, agar pengirim lebih mudah untuk mengantarkan barang belanjaan kamu. Jangan lupa pilih metode pembayaran yang akan kamu gunakan. Jika sudah, klik Process Now.

Nahh mudah untuk berbelanja di Amazon? Terakhir, kamu hanya perlu menunggu barang belanja dikirim oleh jasa Independent dispatch services yang akan datang ke rumah.

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri hanya untuk membeli barang yang kamu butuhkan. Cukup di aplikasi Amazon saja kamu suda bisa mendapatkan barang-barang yang kamu mau.