Beberapa Efek Samping Kunyit Bagi Tubuh

Memiliki warna kuning yang khas, kunyit menyimpan beragam manfaat bagi tubuh, baik dalam bidang kecantikan, kuliner maupun kesehatan. Namun, tahukah Anda bahwa dibalik semua itu, ternyata terdapat efek samping kunyit bagi tubuh loh. Untuk menambah khasanah Anda, silakan simak penjelasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Tanaman Kunyit

Kunyit merupakan tanaman umbi jahe-jahean yang banyak digunakan dalam rumah tangga. Tanaman yang berasal dari kawasan Asia ini memang memiliki beragam manfaat positif bagi kehidupan, baik itu dalam dunia kesehatan, kecantikan maupun kuliner karena kandungan curcuma, antioksidan dan anti inflamasi. Tanaman tersebut berkembangbiak dengan cara vegetatif alami atau tanpa membutuhkan bantuan manusia. Hal ini memungkinkan Anda dapat menanamnya sendiri menggunakan bagian rimpang untuk dijadikan bibit.

5 Efek Samping Kunyit

Meski memiliki beragam manfaat, ternyata tumbuhan tersebut harus digunakan sebagaimana mestinya untuk menghindari beberapa efek samping kunyit seperi penjelasan berikut ini.

1. Memicu Alergi

Risiko munculnya alergi pada kulit sangat tinggi bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Umumnya hal yang terjadi ketika terjadi kontak antara kunyit dengan kulit adalah munculnya ruam dan sesak nafas. Untuk itu, ada baiknya Anda memastikan dengan saksama terkait risiko yang ditimbulkan sebelum menggunakannya.

2. Menghambat Pembekuan Darah

Untuk beberapa kasus yang berkaitan dengan pendarahan, ada baiknya orang tersebut harus menghindari penggunaan kunyit. Hal ini tidak lain bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya pengenceran darah, karena kunyit dapat menghambat proses pembekuan darah.

3. Risiko Bagi Ibu Hamil

Jika Anda saat ini tengah hamil, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi suplemen kunyit. Efek samping kunyit bagi ibu hamil memang tidak terlihat signifikan hanya dari masakan yang mengandung kunyit, namun akan terlihat ketika mengonsumsi suplemen. Hal terburuk yang dapat terjadi adalah munculnya kontraksi dan keguguran pada janin.

4. Masalah Empedu

Terkhusus bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit batu ginjal, ada baiknya untuk mengurangi penggunaan kunyit dalam makanan. Hal ini bertujuan agar saluran empedu Anda tidak terganggu.

5. Gangguan Pencernaan

Meskipun beberapa sumber menyebutkan bahwa kunyit bagus untuk diet, namun efek samping kunyit yang timbul jika dikonsumsi berlebih adalah munculnya rasa mulas, mual dan beberapa gangguan pencernaan lainnya.

 

Itu dia risiko atau efek samping kunyit yang Anda alami jika dikonsumsi secara berlebih. Untuk informasi lanjutan, silakan simak penjelasan lainnya di sumber-sumber yang relevan. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *